Senin, 06 Februari 2012

DOWNLOAD dan KASET

Download itu sifatnya bikin ketagihan. Betul?
Mendapatkan sesuatu yang sangat murah dalam waktu cepat. Siapa yang gak mau?
Kalo kata Glen dalam "Transformers (2007)" - Who hasn't?? Who hasn't??
Pernah juga nonton berita, ada hakim yang mukulin anaknya gara-gara si anak suka downlod lagu di internet. Jadi ngeri..
Tapi ada juga musisi, siapa yah? Saya lupa. Pokoknya dia bilang kalo, seharusnya mereka berterima kasih ke para pembajak. Karena dari tangan pembajak juga lagu mereka bisa nyampe ke telinga semua kalangan masyarakat. Bener juga sih.. Harga kaset, CD dan DVD original emang jauh lebih mahal dibanding download. Download di warnet palingan satu jam Rp.3000,- bisa dapet 20 lagu.
Mungkin ni yaa..kalo gak boleh download, ada cara pemblokiran situs-situs download gratis. Yaahh..mirip-mirip dengan pemblokiran situs porno gitu dee.. Saya sih gak tau caranya, emang bukan orang IT..hehe..
Jadi abege jaman sekarang tu enak banget.. Sumpah, jaman saya abege dulu, mau koleksi lagu favorit susahnya minta ampun.. Intinya, harus MENABUNG!! Pertama, nabung buat beli kaset, kedua, nabung beli walkman ato radio tape.. Dan kalo beruntung, untungnya ni saya beruntung punya sobat-sobat super baek yang bersedia membelikan kaset boyband favorit waktu ultah.. hehe..
Gak tau bentuknya kaset? nii...
Walkman pasti tau kan? Sekarang masih ada ko di toko-toko, tapi gak tau juga masih ada yang beli ato gak..
Jadi inget, dulu hobi banget mantengin MTV, VJ-nya Sarah Sechan, Jamie Aditya, Nadia Hutagalung.  Suka banget nontonin mereka ni.. Gila aja, tahun 90-an gitu.. Saya yang masih SD-SMP, nonton orang Indonesia jadi VJ di channel internasional, dengan penguasaan bahasa Inggris yang sangat fasih. Banggaaaa..banget rasanya..hehe.. Lugu amat saya jadi abege yak? Sekarang sih udah bukan barang langka lagi..
Nongkrongin MTV, nunggu mereka puter video klip 5ive, BSB, Code Red, 911, 98 degrees, weiissshhh..pokoknya boyband mania dah.. Jaman sekarang sepertinya dunia per-boyband-an dikuasai Korea yah?
Dan saat MTV tiba-tiba muter lagu keren, langsung saya catet di buku tulis halaman paling belakang kaya gini:

Biar gak lupa..hehe..keliatan gak?
Naa.. dari catetan itu, ganti tongkrongin radio. Sedia kaset kosong dan tape recorder, dari sini masih untung-untungan lagi. Kalau kebetulan diputer, langsung aja saya pencet tombol "REC", dan nahan nafas sepanjang lagu, takutnya suara saya masuk ke dalam rekaman.. HAHAH!! Kalau gak diputer-puter, terpaksalah saya coba-coba telpon ke radio untuk request lagu yang saya mau.. Untung-untungan juga, pertama, yang telpon dan request bukan cuma saya, kedua, radionya belum tentu punya lagu itu..=(
Hmmm..jadi ingat perjuangan bikin album kompilasi..hehe..kaya'nya jiwa pembajak itu udah ada dalam diri saya sejak dulu..=D
Tapi gak diperbanyak kok.. Buat koleksi pribadi aja.. Abisnya, gak mungkin ada label record manapun yang menggabungkan Blur, Bryan Adams, Vanessa William,Weezer, Evan and Jaron dan Mariah Carey dalam satu album kan? Selain itu juga waktu abege saya bukan anak gaul yang punya akses belanja kaset sampe ke ibukota.. hehe..mulai deh..making excuses..
Pernah ni, saya pengen banget punya lagu "Another Brick In The Wall"nya Class of 99. Langsung aja telpon ke stasiun radio ter-gaul di Jember. Sayangnya, waktu itu saya gak tahu apa judul dan band apa yang membawakan lagu itu. Tahu judulnya Another Brick in The Wall ya baru-baru ini aja, setelah kenal world wide web.. Saya naksir lagu itu dari film The Faculty, pas adegan football match vs alien team, dan kebetulan pernah diputer di radio itu oleh DJ lain. Yaa..mau maksa kaya gimana juga gak bakalan ketemu lagunya.. Sekarang sih ada internet, tinggal cari di Google, "The Faculty soundtrack", muncullah ribuan results, termasuk link "FREE DOWNLOAD"..
Gak cuma lagu.. Film juga udah bukan barang yang susah dicari lagi. Dulu adanya cuma video kaset,  LD, dan di akhir masa abege muncul VCD. Apaan tuh LD?? Laser Disc kalo gak salah.. Itu loo..semacam CD, tapi ukurannya super lebar. Yang punya alat pemutar disc-disc ini cuma kalangan tertentu, dan saya bukan salah satunya..MWAHAHAHAH!!! Kalo mau nonton harus ke rumah teman yang punya alatnya. Udah gitu gak ada subtitle-nya pula!! Ampun dah..
Sekarang sii..mau cari film apa?? Mau yang kualitas gambarnya seperti apa? Mau subtitle bahasa apa? Indonesia? Mandarin? Korea? Spanish? Tinggal klik..klik..klik.. Kurang dari 1jam sudah dapat film yang kita mau.. Dimanapun berada deh.. Di kota, di desa, di ibukota, di kabupaten, kecamatan, kota kecil.. Gak perlu jauh-jauh ke ibukota untuk nyari film langka.. The world wide web provides them all..hehe..
Bukan maksud saya memprovokasi orang untuk semakin rajin download.. Download sekecil apapun kilobyte-nya kalo tanpa ijin tetap saja mencuri. Tinggal itung deh, berapa giga tuh lagu-lagu, ebook, video klip dan film-film bajakan dalam hard disc kalian. Siapa tahu nanti diitung juga sebagai dosa di akhirat.Hii..ngeri kan??=P
Bukan salah penemu internet juga.. Tergantung pemakai internet itu sendiri, kalo bisa bijak menggunakannya, pasti akan lebih bermanfaat daripada sekedar jadi pembajak. Betul? =)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LITTLE WOMEN (HOW'S LIFE GOING?)

Akhir-akhir ini saya baca Little Women karya Louisa May Alcott. Bukan karena apa, tapi karena serial favorit saya, Friends menyebutkan buku ...