Rabu, 01 Februari 2012

TERJADI DI NEGRIKU TERCINTA

Apakah ini hanya terjadi di Indonesia? Atau di seluruh dunia ada kasus-kasus seperti ini? 
Saya bangga menjadi warga negara Indonesia, karena Indonesia adalah negeri Indah dan kaya raya. Tapi kadang saya takut. Banyak orang di negeri ini suka membesarkan masalah kecil dan mengecilkan masalah besar..
Nenek Rasmiah, yang dituduh mencuri 6 biji piring
Nenek Linah, dituduh mencuri 3 buah coklat
Dan anak ini, dituduh mencuri sandal jepit
Haruskah 6 biji piring, 3 buah coklat dan sepasang sandal jepit dibawa ke pengadilan? Sampai ada kasasi segala..
Mungkin ada yang berpendapat, kalau benar mereka mencuri, memang pantaslah mereka dihukum. Sedangkan di pihak lain menyatakan, bahwa hukuman yang didapat terlalu berat bila melihat yang mereka curi. Piring, buah coklat dan sandal jepit.
Mungkin (lagi) ada yang berpendapat, "kalau pencurian yang kecil saja tidak diberi hukuman, nanti bisa merambat mencuri lebih besar. Diberi hukuman biar kapok. Biar takut.."
Emang nyuri yang lebih besar mo nyuri apaan sih? Di rumah kamu ada barang apa sih? Emangnya nenek ini kalo dibiarin nyuri piring ato buah coklat, suatu hari nanti bakal datang lagi bawa teman-temannya sesama nenek-nenek sambil bawa revolver atau senapan mesin buat ngerampok gitu?? 
So, kalo yang dicuri sudah besar, katakanlah nyuri uang sampai milyaran, gak usah dihukum gitu? Dihukum juga mereka gak bakalan kapok, lha wong udah dinikmati sampe anak cucu..
Sedangkan piring, buah coklat, sandal jepit.. Dijual juga gak laku kalee.. yang nyuri barang-barang beginian gak bakal jadi kaya.. Kecuali kalo yang dicuri piring sepabrik, buah coklat 1000 hektar, sandal jepit se-container.. Gila aja repot ke pengadilan ngurusi barang beginian..
Ini kita lagi ngomongin PIRING niii.. PIRING.. 6 BIJI!! BUAH COKLAT 3 BIJI ma SANDAL JEPIT.. SANDAL JEPIIITTT..
Kalo gak tau sandal jepit, itu lo, yang sepasang lima ribu, dipake ke Mesjid ketuker-tuker ma punya Ibu-Ibu sebelah.

Ini yang bikin saya jadi takut yah.. Jangan-jangan ke Mesjid, pake sandal jepit, terus pulangnya gak sengaja pake punya orang lain, tiba-tiba orang itu histeris, "SANDAL SAYA!! SANDAL SAYA!! PENCURI BIADAB KAMU!! TOLOOOOONNGGGG!!! INI HARUS DIBAWA KE PENGADILAN!!" 
Mungkin saya langsung melarikan diri ke Bruges - Belgia, merubah nama, ngecet rambut jadi brunette, dan operasi hidung. Kalo suatu hari seseorang menemukan saya dan masih berusaha membawa saya ke pengadilan, saya bakal pura-pura sakit..
Oh iya, ngomong-ngomong "pura-pura sakit" saat pengadilan.. Ternyata nenek-nenek dan anak ini GENTLE juga ya? Berani menghadapi tiap sesi pengadilan tanpa "pura-pura sakit". Gak seperti kebanyakan orang-orang "GEDE" yang akan diadili kasus korupsi milyaran duit rakyat.. 
Semoga orang yang menuduh dibukakan hatinya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LITTLE WOMEN (HOW'S LIFE GOING?)

Akhir-akhir ini saya baca Little Women karya Louisa May Alcott. Bukan karena apa, tapi karena serial favorit saya, Friends menyebutkan buku ...