Kamis, 30 September 2010

WANITA DAN HORMON DAN GEMUK DAN PENYAKIT DAN TAKDIR

Baru-baru ini saya membaca buku “Tell Me What 2 Eat to Help Prevent Breast Cancer” karya Elaine Magee, MPH, RD. Hanya karena ingin tahu apa sebenarnya breast cancer.

Dikatakan dalam buku itu bahwa sebagian besar wanita terkena breast cancer setelah mereka menopause, beberapa menyatakan juga karena factor keturunan (kalau dalam sejarah keluarga anda ada yang menderita penyakit ini, maka kemungkinan nanti anda terkena akan lebih besar daripada mereka yang dalam keluarganya tidak punya sejarah breast cancer). Selain itu, makanan berlemak juga meningkatkan resiko terkena kanker ini (bahkan mungkin hampir semua macam kanker). Fat is bad! =)

Yang saya sebutkan di atas mungkin terdengar umum-biasa-sudah sering dengar… Mau tau factor lainnya yang lebih menarik?

Kanker payudara berkembang lebih cepat pada wanita yang:

1. Mendapat menstruasi pertama sebelum usia 12 tahun

2. Mendapat menopause lebih lambat (setelah usia 55 tahun)

3. Terlambat punya anak (punya anak pada usia lebih dari 30 tahun atau tidak punya anak sama sekali)

4. Tidak menyusui

5. Punya berat badan berlebih (30% atau lebih di atas berat badan ideal, menurut usia dan tinggi badan)

(buku ini memang membahas tentang kanker payudara dilihat dari makanan / gizi, jadi tidak disinggung tentang jenis bra, model bra, atau bagaimana bentuk bra yang benar… haha! Memangnya bagaimana bentuk bra yang benar?? =P)

Wanita, entah kenapa sepertinya ditakdirkan menjadi gemuk suatu saat nanti. Hormone esterogen katanya. Saya g ngerti apa-apa tentang hormone ini. Di buku itu disebutkan, peningkatan jumlah hormone esterogen merupakan penyebab utama terjadinya kanker ini. Lemak salah satu penyebab peningkatan hormone ini. Hati-hati pada lemak menumpuk di sekitar pinggul! Itu pertanda tingginya hormone esterogenmu… jangan bangga pada tubuh anda yang masih langsing walaupun setelah meahirkan 3 anak, suatu saat nanti, who knows? Tidak merasa makan banyak,tiba-tiba pinggul melembung, lengan bergelambir.. hormonal katanya. Takdir.. yah,wanita dan takdirnya menjadi gemuk. Now or later..

Untuk mengurangi lemak, maka banyak-banyaklah mengkonsumsi serat. Tapi penelitian tidak membuktikan bahwa wanita yang mengkonsumsi serat lebih banyak, menurunkan kemungkinan terjadinya kanker. Makan lebih banyak buah dan sayur yang banyak mengandung fitokimia (komponen atau bahan kimia dalam tumbuhan). Fitokimia ini dapat mencegah kanker dengan 3 cara:

1. Khasiat antioksidannya

2. Membantu mengaktifkan enzim pendetoksifikasi karsinogen

3. Membantu menghambat perkembangbiakan (pertumubuhan) sel tumor

Mau tahu berapa banyak sayur dan buah yang dianjurkan untuk dimakan tiap hari? 5 porsi. Bahkan ada yang menganjurkan 10 porsi. (jangankan 5 porsi, sehari makan 1 jenis buah saja kadang sudah untung). Sangat sulit untuk menjadi sehat kan?

Penelitian tentang kanker ini masih tetap berlanjut. Mengkonsumsi buah dan sayur sebanyak itu ternyata juga hanya terbukti sedikit saja yang terhindar dari kanker. Siapapun mungkin terkena penyakit mengerikan ini.

Saya kadang marah, entah marah pada siapa. Kanker cerviks, payudara, miom, apalah penyakit wanita lainnya! Wanita hamil selama 9 bulan, masa-masa yang berat. Belum lagi mengeluarkan si bayi dari perut, perjuangan hidup dan mati. Kalau salah mengejan atau apa, akibatnya sakit seumur hidup. Setelah itu masih menyusui. Belum lagi masalah-masalah selama menyusui. Belum lagi suami yang sudah tidak tahan dilayani, dan akhirnya hamil lagi di masa-masa menyusui (katanya, saat hamil g boleh menyusui). Padahal menyusui adalah hutang pada anak, dan tidak menyusui bisa menyebabkan kanker. AAhhhh…!!! Dunia sepertinya tidak adil untuk wanita!

Tapi saat saya dengar kanker payudara juga mungkin terjadi pada kaum adam-laki-laki-pria…. HOHOHOHOHOHO!!!!! TUHAN ITU MAHA MAHA ADIL, saudara….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

39

Kalau kata film Tusuk Jelangkung, hari lahir dan weton orang itu akan terulang tiap 39 tahun. Jadi misalnya lahir tanggal 9 Maret 1993, Sela...