Minggu, 10 Januari 2016

SUNSHINE (2007)

Film ini sebenernya sudah release 8 tahun lalu. Sekitar April 2007. Hampir sama dengan disaster movie macam Armageddon, Independence Day, Deep Impact, The Core, dan lain-lain. Dimana sekelompok ilmuwan dari berbagai bidang ilmu. Fisika, fisika nuklir, pertanian, psikologi, jaringan komputer untuk menyelamatkan bumi. Bedanya, di film ini ilmuwannya dari banyak negara, bukan seperti film-film sebelumnya yang menunjukkan ke-super power-an Amerika. Dan yang lebih menarik, kalau biasanya para astronot berperang melawan asteroid dan meteor yang akan menabrak bumi, kali ini mereka harus menuju ke pusat energi galaksi kita - matahari. Karena dikatakan kalau matahari akan segera mati, sehingga dunia terancam dilanda zaman es.
Film tidak diawali dengan drama di bumi. Tidak ada cerita para ilmuwan ini bersedih-sedih meninggalkan keluarganya di bumi. Di awal cerita, mereka sudah beberapa lama berada dalam kapal luar angkasa yang diberi nama Icarus. Bisa dibilang beberapa lama karena diantara mereka sudah mulai depresi.
Satu persatu dari ilmuwan tersebut mati. Karena tidak sempat masuk dalam kapal setelah membetulkan kapal, merasa bersalah, lepas pegangan saat di luar kapal, berkorban untuk teman yang lain, bahkan dibunuh. Ya, film yang awalnya bergenre futuristik sci-fi, di pertengahan akhir berubah menjadi thriller horror. Ini terjadi setelah mereka mengalami kecelakaan dan kehilangan sumber oksigen. Kebetulan ada kapal pendahulu yang gagal dalam misinya, masih mengapung-apung di luar sana. Mereka menemukan kapal itu - it's a ghost spaceship. 
Sebuah terobosan baru di bidang objek berhantu. Pesawat berhantu sudah ada, kapal layar berhantu sudah banyak, rumah hantu apalagi.. Yaahh.. walaupun bukannya berhantu, tapi cukup ngeri, dan suasananya dibuat menyeramkan. Dengan setting gelap, musik aneh, keheningan,dan barang-barang yang ditinggalkan.
Mendapat rating 7,3/10 di IMDB. Dibintangi oleh Cillian Murphy (28 Days Later), Rose Byrne (X Men First Class), Chris Evans (Captain America), Michelle Yeoh (Memoirs of a Geisha), Hiroyuki Sanada (The Last Samurai) dan masih banyak lagi. Bisa dibilang film ini lengkap. Ada drama persahabatan, horror, action, dengan efek gambar yang sangat bagus. Masih keren walopun dilihat jaman sekarang.
Kalau pengen lihat sisi lain akting Chris Evans, dimana dia nggak jadi bintang utama, bukan superhero, bukan prom king, bukan cowok ganteng cuek menyebalkan, bisa segera nonton ini. Dimana dia cuma manusia biasa yang bisa depresi, marah, iri, tapi bersedia berkorban untuk teman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

39

Kalau kata film Tusuk Jelangkung, hari lahir dan weton orang itu akan terulang tiap 39 tahun. Jadi misalnya lahir tanggal 9 Maret 1993, Sela...