Rabu, 05 Desember 2018

HALLOWEEN

1978 dan 2018
Setelah sekian banyak film Halloween setelah tahun 1978, hanya dua film Halloween ini yang diakui. Halloween II, the curse of Michael Myers, 4 (the return of Michael Myers), 5 (the revenge of Michael Myers), H2O (20 years later) dan Resurrection - semua hanyalah trend yang mengikuti. Trend yang bisa menghasilkan uang. Remaja saya di tahun 90an akhir dan awal 2000, saat itu adalah masa Halloween H20, dan saya nonton film itu karena memang masa itu adalah sedang hitsnya film bunuh-bunuhan macam I Know What You Did Last Summer dan Scream. I didn't know who Michael Myers is.. 
"This man killed five people.. He's not a human.."
Kalimat dalam Halloween 2018 inilah yang menunjukkan kalau film Halloween setelah yang pertama (1978), tidak diakui.
Baru beberapa bulan terakhir ini, saat Halloween 2018 akan release, saya jadi penasaran dengan film originalnya.
gambar punya www.nytimes.com
Mendapat rating 7,8/10 di IMDB yang berarti sangat layak tonton. Benar saja kalau film ini legendaris banget, bahkan menjadi referensi film-film pembunuhan yang saya tonton di tahun 90an. Dan akhirnya saya sadar kenapa film-film pembunuhan 90an itu ber-rating rendah. Tonton saja Halloween (1978) ini, maka kalian akan tahu. Menceritakan tentang pembunuh psycho bernama Michael Myers yang sudah memulai debut pembunuhannya sejak anak-anak. Sejak saat itu dia dikurung di sebuah rumah sakit jiwa. Sampai suatu saat, ketika MM akan ditransfer, dia berhasil melarikan diri, menaiki mobil dokter jiwa yang akan memindahkannya sampai ke sebuah suburb di kota Haddonfield. Dalam perjalanannya, dia berpapasan dengan Laurie Strode (Jamie Lee Curtis) dan entah kenapa MM jadi terobsesi dengan Laurie dan mengikuti kemana Laurie pergi. Disinilah kegilaan MM kambuh, dia membunuh orang-orang di sekitar Laurie dan berusaha membunuh Laurie. 
Sebenarnya ini adalah film absurd yang pembunuhnya tidak bermotif, beda dengan film pembunuhan setelah-setelahnya yang selalu twisty dengan bermacam motif. Tapi kemunculan MM ini suka bikin kaget, dan itulah yang dicari penggila film horor..
Setelah film itu, keluarlah sequels yang sangat banyak dan ratingnya jelek semua.. haha..
Dan sampailah di 40 tahun setelah film pertama itu. Tiba-tiba mendapat rating 7/10. Mungkin orang rindu dengan Michael yang suka bikin kaget. 
gambar punya google

Kembali menceritakan MM yang sekali lagi akan ditransfer dan berhasil kabur.. lagi.. Dan kembali ke Haddonfield.. lagi.. These people just didn't learn shit.. Setelah 40 tahun berlalu dan dia tetap sekuat itu. Usia 21 tahun di tahun 1978 yang berarti sekarang dia sudah berusia 61 tahun, tinggal di rumah sakit jiwa Smith's Grove, tidak berbicara pada siapapun, dan dia masih sangat kuat membunuh orang-orang muda. Mungkin rumah sakit jiwa itu memberinya makanan sehat tiap hari.
Di sisi lain, Laurie juga dianggap agak gila oleh keluarganya, karena selama itu dia mempersiapkan diri untuk membunuh Michael. Dia bahkan melatih anak perempuannya (Karen Strode) menggunakan senjata api sejak kecil, sampai-sampai dinas sosial mengambil  Karen karena menganggap Laurie salah mendidik anak. Karen sekarang sudah memiliki seorang anak gadis yang beranjak dewasa. Seperti yang pasti sudah semua orang duga, ketiga wanita inilah yang nanti akan bertarung melawan Michael Myers.
Sekali lagi, ini juga film absurd yang mungkin dibuat untuk mengobati rindu penonton pada Michael dan Laurie.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

39

Kalau kata film Tusuk Jelangkung, hari lahir dan weton orang itu akan terulang tiap 39 tahun. Jadi misalnya lahir tanggal 9 Maret 1993, Sela...