Jumat, 07 Februari 2020

MOTHER / MADEO (2009)

Gara-gara ditelepon pengurus asrama tengah malam, jadinya nggak bisa tidur dan malah nonton film Korea. Judulnya Mother, release tahun 2009. Dan ini film ternyata kereeeeeennnnn bangeeetttt... Keren gilaaaaaa! Dan ternyata ini karya Bong Joon Ho si Parasite. Dan baru saya sadar kalau selama ini sudah tonton sebagian besar film Bong Joon Ho. Mulai Memories of Murder, The Host, Okja dan terakhir Parasite. Semua keren, ciri khasnya adalah kehidupan rakyat Korea biasa yang berubah intense.
Menceritakan tentang seorang ibu (diperankan Kim Hye Ja) dan anaknya yang terbelakang bernama Yoon Do Joon (diperankan Won Bin). Tidak ada hal yang lebih penting di dunia si ibu ini selain anaknya - Yoon Do Joon. Saat bekerja, saat terluka, saat kesulitan uang, tidak ada yang membuatnya khawatir kecuali keselamatan Do Joon. Do Joon adalah the love of her life. She will never let anything bad happen to her son. Ibu ini membesarkan sendiri Do Joon, tanpa suami. Dan Do Joon yang mulai dewasa tapi terbelakang, semakin menyusahkan ibunya. Do Joon mulai tertarik pada wanita dan minuman keras, apalagi dia berteman dengan Jin Tae - preman pengangguran di desa itu.

pic from: https://en.wikipedia.org/wiki/Mother_(2009_film)

Jin Tae sering mengajak Do Joon berbuat onar. Untungnya polisi sudah paham dan membebaskan mereka. Tetapi tentu saja ibunya yang harus mengganti rugi semua kerusakan yang disebabkan anaknya.
Suatu malam, Do Joon setengah mabuk pulang ke rumahnya, dia melihat seorang gadis berjalan di depannya. Do Joon berusaha menggodanya, tetapi gadis ini lari dan bersembunyi di sebuah gang, bahkan melempar Do Joon dengan batu besar walaupun meleset. Do Joon pun pergi meninggalkan gadis itu, dan paginya mayat gadis itu ditemukan di lantai atas bangunan tua, dijemur seperti kasur di pinggir balkon. Ada luka oleh benda tumpul yang membunuh gadis bernama Moon Ah Jung itu.
Polisi menemukan sebuah bola golf bertuliskan nama "Do Joon" di dekat TKP dan langsung menangkap Do Joon untuk diinterogasi. Ibunya jelas tidak terima, dia percaya anaknya tidak akan melakukan pembunuhan dan berjanji akan membebaskan Do Joon dari penjara secepatnya. 
Ibu ini hanya menjalankan toko obat herbal yang tidak terlalu laku dan membuka praktek akupuntur ilegal. Dia tidak punya uang untuk membebaskan anaknya dari penjara seperti orang kaya. Dia tidak bisa menyewa pengacara. Sekalinya mendapat pengacara, ibu ini tidak terima anaknya dianggap gila, walaupun itu bisa memotong masa penahanannya.
Akhirnya sang ibu bermain detektif, mendekati orang-orang yang dekat dengan Moon Ah Jung untuk mencari informasi dan mengumpulkan nama-nama. Aneh, ternyata Moon Ah Jung yang sepertinya pendiam, terkenal sebagai "gadis arak beras", dia bersedia tidur dengan banyak lelaki dengan bayaran arak beras yang sepertinya diberikan pada neneknya. Dibantu Jintae yang meminta bayaran tinggi, sang ibu berhasil mendapat banyak informasi penting. Dia bergerak sendiri menyelediki kesana kemari dengan berjalan kaki, bahkan di tengah hujan, sang ibu pantang menyerah. Terutama karena ingatan Do Joon sendiri tidak benar. 
Ibu pun sampai pada ujung penyelidikan, dimana dia menemukan orang yang mungkin membunuh Moon Ah Jung. Dia mendatangi orang itu sendiri tanpa takut kalau orang itu akan menyakitinya juga. Di sana dia menemukan fakta mengerikan. The twisted ending was.. WOW.. It will breaks your heart. Kim Hye Ja was great. Kita bisa melihat beban yang ditanggung sang Ibu ini dari setiap ekspresinya.
Walaupun film sudah 11 tahun lalu, saya tidak akan membocorkan endingnya karena ini terlalu keren untuk dibocorkan.. hehe.. Oh ya, sebaiknya tidak nonton dengan anak di bawah umur karena ada sedikit adegan sex.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

39

Kalau kata film Tusuk Jelangkung, hari lahir dan weton orang itu akan terulang tiap 39 tahun. Jadi misalnya lahir tanggal 9 Maret 1993, Sela...