Sabtu, 12 Maret 2016

MAD MAX FURY ROAD

Memang agak telat nontonnya karena baru tertarik pada film ini setelah dengar dia dapat banyak penghargaan. Mungkin akan jadi satu-satunya film yang "beneran" keren yang pernah ada di blog ini. Kalau biasanya hanya film yang "menurut saya" keren, kali ini saya harus setuju dengan sebagian besar pecinta film di dunia. Mendapat rating 8,2/10 di IMDB, 10 nominasi Oscar, 2 Golden Globe dan BAFTA termasuk best picture dan best director. Mendapat 6 oscar. Kebanyakan piala yang didapat dari sound effect dan film editing. 
Disutradarai oleh George Miller yang dulu juga menyutradarai Happy Feet dan Babe (whaaaattt???). Tapi kali ini beliaunya bikin film yang bakal mendatangkan mimpi buruk. I mean it.. It looks like everyone's nightmares. 
(pict from tamilgun.com)
Menceritakan tentang dunia setelah kiamat mungkin. Atau menuju kiamat, atau setelah bencana alam. Entahlah. Dunia kering, air hanya dimiliki seorang makhluk bernama Immortan Joe yang sangat mengerikan. I got confused. Are they human? Entahlah, dalam film ini ada beberapa manusia yang tampak seperti manusia - termasuk Mad Max (TomHardy), Furiosa (Charlize Theron), Rictus Erectus, para Vuvalini of many mothers, istri-istri Immortan Joe, dan orang-orang yang berebut air di jalan. Sedangkan ada anggota Immortan Joe yang seperti manusia, tapi berkulit sangat pucat tanpa rambut seperti zombie-zombie dalam I am Legend. Mereka adalah makhluk-makhluk yang tidak takut mati untuk membela Immortan Joe. Immortan Joe sendiri juga tidak tampak seperti manusia, dia pakai alat bantu pernafasan yang bentuknya sangat mengerikan. And I will not spoil the picture of Immortan Joe here. Saya hanya tidak ingin kalian yang belum nonton, nggak jadi nonton film ini karena ngeri lihat kenampakan the super villain.
 (pict from theverge.com)
Kembali ke cerita. di saat semua manusia kekurangan segala-galanya, Immortan Joe membuat markas dengan persediaan tanaman pangan dan berhasil menggali sumber air, lalu membuat orang-orang memujanya karena memiliki itu semua. Dia juga punya pabrik produksi susu ibu dengan cara memerah dari ibu. Selain itu, untuk melanjutkan takhtanya, dia punya sekumpulan wanita cantik untuk melahirkan keturunan. What a mad movie from someone who create Happy Feet..
Suatu hari, Immortan Joe memerintahkan Furiosa untuk mengirim bahan bakar ke kelompok lain di dunia itu. Tanpa dia ketahui, Furiosa ternyata punya rencana lain. Furiosa membangkang dan membawa lari istri-istri Joe menuju ke kampung halamannya dulu. Kampung halaman yang menurut ingatannya dulu adalah tempat hijau dan damai yang lebih layak dihuni. Tidak lama setelah Furiosa pergi, Immortan Joe menyadari hal itu, lalu melakukan pengejaran dengan membawa orang-orang terbaiknya.
Pengejaran gila-gilaan ini membuat penonton serasa ikut sesak nafas. Setting padang pasir kering, tidak ada air, tidak ada pohon, kulit wanita-wanita cantik yang mulai berkerut-kerut, badai pasir dan makhluk-makhluk keji mengerikan. Didukung dengan sound effect dan musik yang pas, membuat adegan kejar-kejaran yang entah menghabiskan berapa banyak kendaraan ini semakin seru. Tag line "what a lovely day" menunjukkan betapa gilanya si pembuat film.  
Tentara Immortan Joe ini disebut Warboys. Salah satunya bernama Nux (Nicholas Hoult), yang juga mati-matian membela Immortan Joe. Dia sebenarnya tidak terlalu sehat dan membutuhkan transfusi darah, tapi dia sangat ingin pergi berperang untuk Immortan Joe, sehingga dia harus membawa Max sebagai "blood bank" - ini yang tertulis di web lain, yang saya dengar sepanjang film adalah "blood bag". Max dirantai pada Nux, dan saat mobil Nux terpisah dari kelompoknya, Max harus terus bersamanya. Spoiler alert! Nux pada akhirnya berpindah mendukung Furiosa dan Max.
Judulnya memang "Mad Max", tapi cerita utama dalam film ini lebih pada kisah Furiosa. Max adalah orang yang ditemui Furiosa dalam pelariannya. Lucunya, sekali lagi SPOILER ALERT! setelah menemukan kampung halamannya, ternyata hanya tertinggal beberapa wanita tua tangguh. Mereka memutuskan untuk kembali melawan Immortan Joe yang jelas-jelas memiliki tentara lebih kuat dan persenjataan lengkap. Mereka ingin merebut Citodel- markas Immortan Joe. So, this guy named Max who got the "Mad" title, have an army of old ladies and housewives to beat some monsters ass. Well, good luck Max..
Walaupun melibatkan banyak wanita cantik seksi macam Charlize Theron, ROsie Huntington, Zoe Kravitz dan banyak lagi, film ini aman dari adegan sex. Bahkan hampir tidak ada ciuman. Hanya saja, adegan mengerikan lain akan menjadi pertimbangan untuk mengajak anak-anak ikut nonton film ini.
Anyway, film ini membuat saya lebih bersyukur bisa hidup di masa ini dengan keadaan serba mudah seperti ini. Don't waste the water..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MARATHON SABTU

Ya ampuunn.. udah menjelang 39 tahun bukannya buat sesuatu yang berguna, malah marathon drakor.. haha.. Emang lebih oke nonton review di You...