Jumat, 24 September 2021

TWO FACED

Do you guys know this Two-Face character on DC? I'm not a comic enthusiast. Saya hanya nonton The Dark Knight, dan sepertinya dulu juga ada animasi Batman yang pernah saya tonton saat masih kecil. Dari The Dark Knight saya baru tahu kalau Two-face ini tadinya orang baik, seorang district attorney muda yang sangat concern membasmi kejahatan dan ketidakadilan di Gotham city. Tapi sayangnya sebuah kecelakaan yang disebabkan oleh Joker membuatnya kehilangan setengah wajah dan juga kepercayaannya pada keadilan sehingga membuatnya jadi jahat. Two-face digambarkan memiliki setengah wajah terbakar dan setengah wajah tampan, kemana-mana bawa koin untuk menentukan nasib orang yang akan dicelakainya. 

I'm not going to talk about this character

 

pic from: https://dc-and-marvel-megaverse.fandom.com/wiki/Two-Face

Dalam kehidupan sehari-hari, two-face atau bermuka dua adalah istilah untuk orang yang kalau menurut saya, kurang pendirian, cari aman. Orang bermuka dua ini gampang berpindah kubu. Misal, diantara dua kubu yang saling bertentangan, saat di depan kubu yang satu dia baikin, di depan kubu yang lain juga dia baikin, supaya kalau terjadi apa-apa dengan satu sisi, dia masih punya cadangan di sisi yang lain. How did I know so much? Maybe because I'm one of them. Well, I can't say that I'm not a two-faced, because sometimes I do. Contohnya tentang masalah LGBTQA+, seringkali saya menyebutkan kalau saya tidak keberatan dengan hal itu, tidak menentang juga kalau itu yang membuat orang jadi lebih bahagia. Tapi di sisi lain saya tahu hal itu bertentangan dengan ajaran agama apapun. Sehingga kadang di depan orang yang beneran LGBT saya baik-baikin, di depan diskusi agama tentang ini juga saya dukung agama saya. hehe.. 

And not just that, di pergaulan sehari-hari saya juga sering baik pada banyak sisi. Bahkan saat sebenarnya saya tidak terlalu cocok dengan cara mereka. I mean, we can not see people only by one POV. Mungkin orang itu tidak terlalu baik berkomunikasi tapi dia cepat bertindak. Mungkin orang yang lain lebih suka berkomunikasi, tetapi aksinya tidak nyata. Bisa jadi saya tidak cocok dengan cara orang yang banyak bicara, tapi saat dari kemampuannya berbicara bisa menggerakkan orang lain, maka saya akan cocok-cocok saja. Seperti itu.. So, am I a two-faced?

Sebenarnya juga bukan ini yang ingin saya ungkapkan. haha.. So, as the whole world already knew.. Our Bangtan boys have reached over the top dengan menghadiri dan memberikan speech di General Assembly of the United Nations (UNGA 2021). Itu adalah event yang luar biasa dimana orang-orang pembuat kebijakan dari seluruh dunia berkumpul. Sepertinya tujuan UN adalah agar anak-anak muda ikut mendengarkan apa yang sedang terjadi di dunia ini dan ikut berpartisipasi dalam pemulihannya. Dan bukan hanya itu, mereka bahkan membuat MV di dalam ruang sidang PBB!! How crazy was that?? Sepertinya pertama dalam sejarah. Pertama kalinya saya mengagumi band yang benar-benar dianggap serius oleh dunia. And it's crazy! 

So, setalah acara itu, James Corden, host sebuah talkshow yang juga saya kagumi karena selalu super sweet pada tamu, termasuk pada BTS di berkali-kali pertemuannya. James dalam acaranya mengeluarkan komentar, 

"The United Nations General Assembly kicked off this morning in New York City, and it started with some pretty unusual visitors: BTS. It actually marks the first time 15-year-old girls everywhere found themselves wishing that they were Secretary-General António Guterres." (quote taken from: https://www.insider.com/james-corden-bts-papa-mochi-late-late-show-ratings-trending-2021-9)

Yang ternyata membuat fanbase marah. Karena BTS disebut tamu "unusual" dan ARMY disebut "15 yo girls", which is sexist and ageist. Komentar ini lantas membuat ARMY menyebut Corden "two faced" di berbagai sosial media. Don't get me wrong, I'm with BTS. I love them, remember? It's just, the term was right.. Or so I think.. hahah.. I'm not fluent in English, but I will try to explain. 

If you check the Cambridge dictionary, "unusual" means, different from others of the same type in a way that is surprising, interesting, or attractive. I know, this is not their first time at the UN. But maybe Corden used the term because it's unusual for anyone to sing or dance in the UN headquarter. It was surprising, interesting, and attractive! And about that "15 yo girls", we all know that some ARMYs are younger than that. And remember when we were at that age, how we always dreamed of meeting face to face with our idols. I believe that Corden didn't refer to all ARMY, he was joking. But that's just what I thought. The sad thing is, BTS themself make a "stop hate speech" movement but then this came out and some people start to judge James Corden and other hosts as two-faced. That is what we call "hate", guys.. So please stop it.. Who gave us the right to judge people? People make mistakes.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

39

Kalau kata film Tusuk Jelangkung, hari lahir dan weton orang itu akan terulang tiap 39 tahun. Jadi misalnya lahir tanggal 9 Maret 1993, Sela...