Selasa, 15 Agustus 2023

DESERTER PURSUIT (D.P.)

Setelah kemarin baru kelar nonton serial horor viral - The Revenant, tiba-tiba lewat review tentang serial Netflix agak lama berjudul D.P. dan sudah ada season 2-nya, D.P. 2. Mungkin nanti saja bahas Revenant - serial yang sudah viral duluan bahkan sebelum release. Saya tidak pernah tertarik pada film kehidupan militer. Film tentang kehidupan militer yang pernah saya tonton bisa dihitung dengan jari, The Hurt Locker, Hacksaw Ridge, dan Frankenstein's Army. 

D.P. dan D.P. 2 agak menarik rasa penasaran saya, karena uri bangtan boys ada yang sedang dan akan pergi wamil. Serial ini menceritakan tentang dua orang D.P. (deserter pursuit) yang tugasnya mencari wamil-wamil yang melarikan diri dari markas. Diperankan oleh si ganteng mellow-Jung Hae In sebagai An Jun Ho dan si paling dipake jadi peran psycho - Koo Gyo Hwan sebagai Han Ho Yeol. Inti dari serial ini adalah menggambarkan bagaimana pembully-an berlangsung di dunia wajib militer, dimana orang-orang ini sebenarnya warga sipil yang sementara menjadi militer, dan tentu saja di bawah pengawasan militer yang sebenarnya. Pelatihan dari pihak militer ditunjukkan normal-normal saja. Latihan fisik dan senjata seperti yang sering ditampilkan di televisi. Perundungan bukan dilakukan oleh anggota militer, tetapi oleh sesama wamil yang lebih senior. Bayangkan saja, betapa sok-nya orang-orang yang hanya masuk beberapa bulan lebih dulu daripada orang lain ini. Sepengetahuan saya dari berita-berita Kim Seok Jin dan Jung Ho Seok, mereka akan pergi wamil selama sekitar 18 - 21 bulan. So, orang-orang yang hanya di dunia militer selama 18 bulan itu, ada yang bisa-bisanya sok-sokan merundung junior-juniornya.

Jun Ho baru masuk sebagai wamil, dan sudah mulai dibully oleh senior sebaraknya. Jun Ho berasal dari keluarga yang tidak baik-baik saja. Ayahnya abusive, sehingga dia belajar boxing supaya tidak dipukuli ayahnya. Mendapat bully dari senior seperti hal yang biasa saja untuk Jun Ho. Mukanya yang innocent tapi berani melawan membuat beberapa senior tidak menyukainya. Sampai suatu hari, tiba-tiba divisi investigasi mengadakan wawancara untuk merekrut D.P.

Banyak wamil yang ingin menjadi D.P. karena bisa jalan-jalan keluar. Karena itu banyak anak-anak orang kaya yang membayar untuk bisa dijadikan DP. Tapi entah bagaimana, kepala divisi DP - Park Beom Gu memilih Jun Ho, dan memasangkan Jun Ho dengan senior DP yang hanya suka jalan-jalan. Baru dipilih, Jun Ho sudah mendapat tugas untuk mengejar seorang deserter. Sayangnya, bukannya pergi mencari, partner Jun Ho malah mengajaknya ke club untuk bersenang-senang. Sesuatu yang buruk terjadi, yang membuat Jun Ho hilang akal dan menghajar partnernya. Seharusnya Jun Ho diberhentikan sebagai DP, tetapi ternyata dia masih didukung kepala divisi dan lanjut menjadi DP dengan partner senior lain yaitu sersan Ho Yeol. 

Ho Yeol yang santai dan slengean, ternyata jauh lebih berdedikasi pada tugasnya. Walaupun juga menikmati jalan-jalan keluar, tetapi dia tetap membawa Jun Ho untuk menyelesaikan tugasnya. 6 episode di masing-masing season, dengan durasi yang tidak terlalu lama tiap episode, menceritakan bagaimana duo serius santai ini mengejar para deserter.

  sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/D.P.  

Entah fiksi atau fakta hal-hal yang ditunjukkan dalam serial ini. Misalnya, saat Jun Ho diajak bersenang-senang ke club, di sana dia dikenalkan dengan beberapa teman seniornya yang berasal dari keluarga kaya, membuat-buat alasan supaya dibebaskan dari wajib militer. Seperti alasan kesehatan atau pindah kewarganegaraan. Seandainya itu benar terjadi, maka orang-orang yang kita tahu memang kaya raya macam Choi Si Won, Jung Hae In atau Kim Soo Hyun bisa saja "membuat" keadaan supaya bebas wamil. Min Yoongi yang semua orang tahu, pernah menjalani operasi besar, sebenarnya juga bisa menghindari wamil. But they didn't.. Mungkin karena tidak wamil bisa merusak image juga sih. Karena itu kewajiban. Bahkan Psy atau Park Jae Sang yang menurut saya paling berjasa membawa Kpop ke dunia dengan Gangnam style, rela pergi wamil 2 kali demi menjaga nama baiknya, yang membuat dia jadi sangat dihormati.

Saya nonton serial ini setelah mendengar pengumuman Yoongi akan pergi wamil. Dan melihat perundungan-perundungan itu, membikin kita jadi was-was. Karena dalam serial itu digambarkan bagaimana hancurnya kehidupan orang-orang yang menjadi sasaran bully, dengan lingkungan sekitar yang semua cari aman sendiri. Well, mungkin public figure akan mendapat perlakuan berbeda. Apalagi uri bangtan boys adalah salah satu penyumbang pendapatan negara tertinggi. But still.. film ini meresahkan. Satu hal yang paling bikin bergidik adalah, saat Ho Yeol berusaha meyakinkan Suk Bong - korban bully yang hendak membunuh perundungnya. Ho Yeol mengatakan, mungkin dengan melaporkan kasusmu, sistem wamil yang seperti ini bisa berubah. Dan Suk Bong, dengan pistol di tangan dan muka sudah babak belur baru dihajar polisi menjawab, "Kamu lihat botol minum kita? Di situ tertulis 1953. Mereka bahkan tidak mengganti botol minum.."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

39

Kalau kata film Tusuk Jelangkung, hari lahir dan weton orang itu akan terulang tiap 39 tahun. Jadi misalnya lahir tanggal 9 Maret 1993, Sela...