Kamis, 10 Agustus 2023

HOME FOR RENT (2023)

Sepertinya kalau horor Thailand produksi GTH, mutunya masih terjaga ya? Walaupun rumah produksi sudah beberapa kali ganti nama, untungnya gak ikutan jalur horor hot. heheh.. Sejak Shutter sampai yang kemaren booming - The Medium, percaya deh, kalo di awal film keluar tulisan GTH atau GDH, pasti top. Walaupun kadang trailernya gak keluar di beranda youtube kita.

Durasi 2 jam 4 menit tidak akan terasa karena alur cerita yang cepat. Tidak ada slow motion berlebihan atau aksi mengenda-endap yang dibikin berlama-lama untuk memenuhi durasi film. Dan kalau diingat-ingat, memang begitu ciri khas alur cerita film-film produksi GTH. Tidak bertele-tele.

Menceritakan tentang pasangan muda, Ning (istri), Kwin (Suami) dan anak cewek mereka-Ing. Sepertinya keadaan perekonomian mereka sedang tidak baik-baik saja, sehingga sang istri harus mencari kerja, rumah mereka harus disewakan, dan mereka harus tinggal di apartemen yang lebih kecil. Ning dan Ing sebenarnya tidak pernah mengeluh dengan keadaan mereka, hanya saja Kwin mulai bertingkah aneh sejak rumah mereka disewa seorang dokter wanita misterius bernama dr. Ratree dan asistennya. Kwin awalnya tidak rela rumah gedongnya disewakan, tetapi entah bagaimana, setelah bertemu dr. Ratree, dia langsung bersedia.

Sampai di sini, mungkin kalian sudah mengira bahwa cerita akan mengarah seperti film klasik - Rosemary's Baby, dimana bapaknya diam-diam ikut cult dan mengorbankan bayinya supaya jadi aktor sukses. Yaahh..agak bener sih.. This is 2023, nothing is new under the sun. Hanya saja motifnya agak beda. Lebih ke drama keluarga. But, tanpa bertele-tele, Ing dengan sigap mengetahui ritual aneh suaminya setiap malam. Dan itu baru sekitar 40an menit film berjalan. Bahkan tidak seperti film horor biasa dimana karakternya malah dengan gobloknya masih balik ke tempat pembunuh, Ing langsung membawa pergi anaknya, menjauh dari jangkauan suami dan dr. Ratree. I was like, heh? Gimana nih sisanya 1 jam 20 menit mau ngapain?

sumber: https://www.imdb.com/title/tt26547790/

SPOILER ALERT!!

Ternyata film ini dibuat dengan sudut pandang para pemeran utama. Tentang kenapa Kwin tiba-tiba ikut cult dr. Ratree, siapa dr. Ratree, siapa hantu anak kecil yang suka mengganggu Ing dan anaknya, semua akan dijelaskan dengan runut. Walaupun motif utama dr. Ratree sebenarnya agak-agak kurang kuat. Bukannya dia ingin menguasai kerajaan Thailand atau dunia. Walaupun mukanya horor dan tidak berperikemanusiaan, ternyata dr. Ratree juga sayang anak. heheh..

Plot twistnya lumayan sih. Apalagi pemeran anaknya yang buset dah bagus banget aktingnya. Baru kali ini nonton film cult bikin mewek, asli..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

39

Kalau kata film Tusuk Jelangkung, hari lahir dan weton orang itu akan terulang tiap 39 tahun. Jadi misalnya lahir tanggal 9 Maret 1993, Sela...