Rabu, 14 Desember 2011

PANCA USAHA TANI PLUS ONE

Sejak zaman SD dulu, saya sudah dikenalkan alam Indonesia. Ya jelas aja, lha wong saya emang orang Indonesia. Bapak Ibu guru selalu bilang kalo negara Indonesia adalah negara agraris, karena sebagian besar warga Indonesia bekerja sebagai petani atau bercocok tanam. Kalau ada yang bertanya, tahun berapa saya menuntut ilmu Sekolah Dasar.. mm.. 1991- orde baru - jaman sik penak.. Waduh, ternyata sudah 20 tahun lalu yah? hehe..tuwir neh.. =P
Dan saya g tahu, apakah filosofi negara agraris ini masih diajarkan di Sekolah Dasar. Satu yang saya ingat, ada tema "Intensifikasi Pertanian", disana ada panca usaha tani, yang antara lain:
  1. pemilihan dan penggunaan bibit unggul
  2. pengolahan lahan atau tanah pertanian secara tepat
  3. pengaturan irigasi atau saluran air
  4. pemberian pupuk sesuai aturan
  5. pemberantasan hama dengan baik
G perlu saya jelaskan satu persatu apa maksud poin-poin di atas kan? Dari kalimatnya aja udah jelas. hehe..
Yang perlu saya jelaskan mungkin poin ke-2, yaitu pengolahan lahan atau tanah pertanian secara tepat. Maksud awalnya mungkin setelah mendapatkan bibit yang baik, lalu mengolah tanah agar siap pakai, bisa dengan dicangkul atau dengan traktor, supaya lebih mudah ditanami. Tapi, dengan berkembangnya zaman, sepertinya arti poin tersebut juga perlu dikembangkan. Misalnya, "pengolahan lahan pertanian menjadi lahan perumahan dan industri"
Saya g menyebutkan gambar-gambar di bawah ada di daerah mana, yang pasti, gambar-gambar ini saya ambil di daerah yang sama, dan ini hanya satu contoh.




seperti dapat diihat, gambar tersebut diambil pada tahun 2007. Sawah hijau membentang sejauh mata memandang. Indonesia adalah negara subur,eh? Menurutmu pertanian kita tidak berhasil dengan melihat gambar ini?
Dan gambar di bawah saya ambil sekitar setahun lalu di tempat yang sama:



Intensifikasi pertanian? yaaa...
Saya belum mengambil gambar terbaru, yang pasti, sebuah cluster sudah berdiri megah disana. And the sky will not be as bright as we seen on 2007.
Kuliah selamat datang 3 bulan lalu, membicarakan tentang peningkatan hasil pertanian.. Kuliah tamu kemarin, membicarakan biomassa. Bull sh*t.. Inilah intensifikasi pertanian yang terjadi di masa kini. Entah apa yang diajarkan di SD sekarang, apakah masih panca usaha tani atau panca usaha tani plus one?
Saya juga mengerti kebutuhan orang. Populasi membengkak, the young, the have, too much money, the pride, the prestige.. Ada apa dengan tinggal di rumah orang tua atau membeli rumah yang sudah ada. Tinggal di rumah orang tua katanya g bebas. What d hell r u goin 2 do anyway.. Wild triple X sex with ur wife?Gosh..
Membeli rumah yang sudah ada, takut dengan sejarah g enak dalam rumah itu.
Dan g memungkiri juga, rumah saya sekarang dibangun di atas lahan pertanian.
So,what's the point? well, let's say, this is life..dynamic..ada yang harus dikalahkan, ada yang harus mengalah.. Uang dan gengsi memang selalu menang. Terus mau apa? salah siapa? Emangnya orang butuh mau disalahkan? Developer perumahan mau disalahkan? Lha wong developer perumahan malah banyak dicari orang.. Petani yang butuh duit gara-gara jual hasil taninya dihargai murah juga berbondong-bondong nyari kontraktor buat beli tanah mereka. 
So?

fancy bags and more.. check out my FB: dinar suxma
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

39

Kalau kata film Tusuk Jelangkung, hari lahir dan weton orang itu akan terulang tiap 39 tahun. Jadi misalnya lahir tanggal 9 Maret 1993, Sela...