Selasa, 26 Juni 2012

GReeN

Have you ever wonder why you like certain colour? Apakah karena berarti sesuatu? Apakah karena seseorang yang penting dalam sejarah hidupmu menyukai warna itu? Apakah warna itu mengingatkanmu pada sesuatu yang menyenangkan? Atau mungkin karena dengan melihat warna itu, hatimu jadi damai?
For me, I like all colours in the world, thank God for giving me normal eyes so I can enjoy all that beautifull spectrum. Saya bukan orang yang suka mengoleksi satu warna tertentu atau membuat ruangan sekitar saya didominasi oleh satu warna.
Tapi, kalau ada yang bertanya warna favorit. The answer is GREEN!! =)
Why green? Well, I dont know for sure, I just love it.. Melihat warna hijau tidak mengingatkan saya pada siapapun. Hanya saja, saat melihat warna ini, alam bawah sadar selalu membawa memori saya ke tempat menyenangkan yang sangat berkesan waktu saya kecil dulu. Gunung Gumitir.
Setiap tahun saya dan keluarga berkunjung ke rumah nenek di Banyuwangi, dan selalu melewati gunung ini. Jalan berkelok-kelok tajam dulu membuat saya mual, sekarang tidak lagi.. Bau embun, tanah basah dan daun berbaur menjadi satu. Dinginnya udara pegunungan memenuhi dada. Monyet-monyet hutan berjejer duduk di pinggir jalan, mungkin tidak sengaja menemukan tempat itu saat sedang mencari makan. Saat kendaraan melewati sebelah jurang dan kita melongok ke dalamnya. Wuiiihhh... It feels like you were driving inside Jurassic Park, only without the dinosaur. But you can imagine it anyway.. Just like I always do.. =)

Tapi,pernahkah terpikir apa sebenarnya makna di balik warna favorit kita itu? Iseng-iseng saya cari makna warna hijau..=)
Dari wikipedia,

"Green is a color, the perception of which is evoked by light having a spectrum dominated by energy with a wavlength of roughly 520-570 nanometer. It is not a primary color, but is created out of a mixture of yellow and blue"

Kata GREEN diambil dari Old English verb, "growan" atau "to grow" untuk menjelaskan tumbuhan atau lautan. Pada beberapa budaya, warna hijau dikaitkan dengan harapan dan pertumbuhan. Ada juga yang menghubungkan dengan kematian, penyakit, dengki, atau setan. Dalam agama saya- Islam, warna hijau adalah warna surga. 

Di bahasa Jepang kuno, hijau dituliskan sama dengan biru. Jadi, dulu ada kalimat "hijau daun".. hehe.. sama dong ya dengan bahasa Madura?? =)

Di alam, atau pada tanaman, warna hijau ada karena kandungan klorofil atau zat hijau daun yang berfungsi membantu fotosintesis.

Masyarakat Mesir kuno menggambarkan dewa Osiris dengan sesosok dewa berkulit hijau. Osiris adalah dewa maut, after life, underworld. Dewa yang menimbang dosa dan amalan manusia. Selain itu, Osiris juga dewa kehiidupan yang menumbuhkan tanaman dan dewa cinta -"Lord of Love" - "He who is permanently benign and youthful"
Selain menggambarkan pertumbuhan, kemudaan, surga, dan hal-hal baik lainnya, beberapa budaya menggunakan warna hijau sebagai simbol malapetaka, ilmu sihir, takhayul dan penyakit. Misalnya seperti Hulk yang selalu marah digambarkan berwarna hijau. Musuh-musuh superhero seperti green goblin, Loki - dewa kekacauan juga digambarkan berkostum hijau, Slytherine - kelas pengkhianat tempat musuh-musuh Harry Potter dan asal penyihir-penyihir jahat disimbolkan berwarna dasar hijau.

Heboh juga ternyata arti suatu warna. Anyway.. as long as you love it.. Gak peduli apa arti dibaliknya kan? hehe..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

39

Kalau kata film Tusuk Jelangkung, hari lahir dan weton orang itu akan terulang tiap 39 tahun. Jadi misalnya lahir tanggal 9 Maret 1993, Sela...