Sabtu, 18 Januari 2014

HARI KESADARAN NASIONAL

Upacara Hari kesadaran nasional berupa upacara bendera yang kita laksanakan setiap tanggal 17 setiap bulan,mempunyai makna yang sangat penting bagi kita semua, karena merupakan salah satu wujud nyata pelaksanaan tugas dan tanggung jawab yang diamanahkan kepada kita semua sebagai abdi negara dan masyarakat.
Demikian sambutan Kepala Panti Drs.Syamsir Rony, bertindak sebagai Inspektur upacara Hari Kesadaran Nasional di halaman PSBD Budi Perkasa Palembang, Rabu (17/4) yang diikuti oleh seluruh Pegawai dan para penerima manfaat. (kemsos.go.id)

Biasanya, Bapak dan Ibu saya di rumah pagi-pagi tanggal 17 bingung nyari baju korpri yang lama nggak dipake. Sekarang saya baru tahu kalau tanggal 17 setiap bulannya disebut Hari Kesadaran Nasional. Saya pikir dulu tanggal 17 itu untuk mengingatkan tanggal kemerdekaan Indonesia.
Saya adalah manusia Indonesia dengan nasionalisme tingkat minus. Saat disuruh menyanyikan lagu Syukur, saya kebingungan. Untung saja tidak jadi.. hehe.. Kalau disuruh menyanyi lagu Indonesia Raya sendiri, pasti saya semakin kebingungan. Tanyalah saya tentang isi Pancasila atau Pembukaan UUD '45.. It's a long gone memory.. Dan setelah kurang lebih 13 tahun tidak ikut upacara dan tidak menonton upacara bendera di TV, akhirnya pagi ini tanggal 17 Januari 2014 saya upacara. (I've told ya! 23 is my number.. See.. 17+1+1+4.. )
Dan perasaan itu, saat mendengar dan mengucapkan lagi Pancasila. Di kepala saya muncul, "Really? What a genius..". Mereka yang menyusun Pancasila pastilah para jenius.. Untunglah mereka sudah nggak ada di dunia. Karena pasti mereka nangis melihat keadaan negaranya seperti ini.
PANCASILA
1. KeTuhanan Yang Maha Esa
(www.emak-news.blogspot.com)
2. Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab
(www.merdeka.com)
3. Persatuan Indonesia
(www.berita.plasa.msn.com)
4. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan
(www.kissmeguntur.wordpress.com)
5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia
(www.nazruel.blogspot.com)
Dan saat mengheningkan cipta, saya hanya bisa berdoa, "Maafkan kami wahai para pahlawan Indonesia.."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

39

Kalau kata film Tusuk Jelangkung, hari lahir dan weton orang itu akan terulang tiap 39 tahun. Jadi misalnya lahir tanggal 9 Maret 1993, Sela...