Kamis, 16 Januari 2014

MENIKMATI

Quote dalam film Zombieland, "Enjoy small things". 
J.K. Rowling dan J.R.R. Tolkien adalah penulis jenius. Mereka menciptakan dunia yang tidak pernah dibayangkan manusia lain. Dunia dengan makhluk-makhluk khayal, ilmu yang tidak masuk akal, bahkan bahasa yang berbeda. Karena tulisannya, J.K. Rowling jadi kaya mendadak. 
Penulis Indonesia, Andrea Hirata juga memiliki bakat terpendam sebagai seorang sastrawan disamping ilmu yang didalaminya di bidang ekonomi dan telekomunikasi. Pemilihan kata yang tepat, membuat pembaca terbawa senang, sedih, kesal. Dan yang paling saya suka adalah tidak ada unsur kesombongan dalam tulisannya. Semua orang tahu kalau kisah luar biasa dalam cerita itu adalah kisah nyata. Tapi, walaupun menempatkan Ikal atau dirinya sendiri sebagai tokoh utama, Andrea tidak pernah menonjolkan karakternya. Dia lebih suka menceritakan kawannya yang lebih cemerlang. Seperti Lintang, Arai dan Maryamah. Tidak seperti penulis lain yang kadang membuat dirinya sendiri sebagai tokoh utama dimana dia juga sebagai seorang self righteous.
Tom Cruise, seorang disleksia yang tiba-tiba jadi aktor termahal dan terkaya. Tukul Arwana, Sule, who would've guess?
Anyway, kenapa tiba-tiba ngomongin orang-orang itu? Jujur, saya iri pada mereka.. Saya ingin jadi orang kaya raya seperti mereka. Saya ingin bisa akting, pengen jago maen gitar dan nyanyi biar bisa jadi artis yang hidup dari bikin lagu. Terlebih lagi, saya ingin bisa nulis seperti J.K. Rowling dan Andrea Hirata - pintar memilih kata yang nggak bikin pembaca ngantuk. Saya ingin jadi pintar, jadi orang jenius yang bisa sekolah di luar negeri.
Tapi suatu hari saat melihat keluar jendela, langit agak berawan, tapi cerah di ujung sana. Saya memutuskan pulang dengan berjalan kaki. Menikmati udara kota ini yang masih bersih, belum terlalu banyak kendaraan lalu lalang. Saya menunduk menatap tanah, saya nggak terlalu tinggi. Kaki saya juga kecil. Langkah saya tidak terlalu panjang.. dan saya tidak pernah berusaha berjalan lebih cepat untuk mencapai suatu tempat. Saya memilih untuk berangkat lebih awal daripada berjalan lebih cepat. Itulah saya.. 
Mungkin ini saatnya untuk tidak lagi melihat ke atas. Tuhan sudah memberi segala yang saya butuhkan tanpa saya minta. Ini saatnya untuk menikmati hal-hal kecil di sekitar. Mungkin suatu hari saya akan menuliskan sesuatu yang besar yang membuat buku saya mendapat tulisan, "Cetakan ke XX".. WOW..
Mungkin saya akan belajar maen gitar hanya untuk mencoba menyanyikan lagu-lagu McFly. Semua masih jadi mimpi. Ingin jadi penulis, ingin bisa maen gitar, ingin sekolah di luar negeri. Dengan uang dan otak pas-pasan ini, saya akan menikmati jalan saya menuju kesana.. =)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

39

Kalau kata film Tusuk Jelangkung, hari lahir dan weton orang itu akan terulang tiap 39 tahun. Jadi misalnya lahir tanggal 9 Maret 1993, Sela...