Sabtu, 09 Agustus 2014

STOP LIKE FOTO MENGERIKAN

My deep condolences to all victim of Palestine massacre. Semoga Allah menempatkan mereka semua di tempat yang baik. Saya pernah dengar kalau mereka yang mati sahid akan langsung dan dijamin diterima di surga. Amiinn..
Anyway, I hate war. What it is a good for? Absolutely nothing.. Satu-satunya film perang yang pernah saya tonton adalah Hurt Locker karena ada Jeremy Renner. Apakah semua harus diselesaikan dengan kekerasan? Maka apalah fungsi para diplomat kalau akhirnya bom juga yang keluar? Apalagi kalau perang karena agama.. Kalau kata Felson (Ron Perlman) dalam Season of The Witch, "You ever get the feeling God has too many enemies?". 
Dan selama beberapa saat ini, saat Palestine massacre semakin menjadi-jadi, banyak orang yang mem-posting foto-foto mengerikan di media sosial. Foto-foto mayat. Yang lebih mengerikan lagi, ini foto-foto mayat bayi dan balita. Bukan hanya mayat bayi dalam keadaan sudah terpocong, tapi bayi dan balita tanpa kepala, tanpa kaki. tanpa separo badan. Bahkan ada tokoh masyarakat yang memposting foto itu disertai kalimat, "Like foto ini dan amini doa saya.".. What the hell?? Are you a psycho? Anak TK aja tahu apa arti "Like". Itu foto mengerikan, dan saya tidak suka. Kenapa saya harus me"Like" bayi mati tanpa  kepala? 
Tahu kan arti kata "Like". Saat ada foto pemandangan bawah laut Bunaken, dengan karang berwarna warni, bolehlah di"Like", yang artinya, "Saya ingin melihat Bunaken secara langsung", "Saya ingin kesana suatu hari". Atau kalau ada berita tentang siswa Indonesia menjadi juara 1 olimpiade science international, bolehlah di"Like", yang artinya, "Semoga ada banyak lagi anak-anak Indonesia yang berprestasi", "Semoga anak saya bisa seperti itu", atau, "Saya ingin jadi seperti anak itu.". Tapi apa arti me"Like" foto-foto korban perang? Kamu ingin seperti itu? kamu ingin anakmu seperti itu? Kamu ingin langsung melihat itu?
Yang lebih mengganggu lagi adalah munculnya gambar ini:
Dan tiba-tiba gambar ini jadi profil pict atau cover banyak orang. Sekali lagi saya tanya, "Are you a psycho?" 
Adolf Hitler mendapat peringkat ke-3 rezim pembunuh di dunia dengan 30juta orang korban. And you suddenly agree with him? Kalian tiba-tiba membenarkan kesadisannya membunuh 30juta jiwa?
Saya tidak sedang membela Israel dan Yahudi. Tapi.. What's wrong with you guys?  Untuk masyarakat apapun, agama apapun, mass killing is unacceptable.
Kalau kalian benar-benar peduli, jangan cuma posting gambar-gambar ngeri. Sumbang, pergi kesana, ikut perang, bantu mereka berdiplomasi. Apa yang bisa dilakukan sebuah jempol di dunia maya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

39

Kalau kata film Tusuk Jelangkung, hari lahir dan weton orang itu akan terulang tiap 39 tahun. Jadi misalnya lahir tanggal 9 Maret 1993, Sela...