Jumat, 19 Februari 2016

TELUK CINTA JEMBER

Orang Jember memang kadang kelewat romantis dan alay.. Haha! Jangan tersinggung, saya orang Jember asli. Ada tempat wisata yang sebenarnya sudah ada sejak pulau Jawa ini tercipta. Hanya saja masyarakat baru menemukannya beberapa bulan lalu. Menjadikannya sebuah objek wisata domestik dengan pemandangan unik. Pantai Payangan, dan Teluk Cinta.
Warga Jember dan sekitarnya yang setiap liburan selalu pergi ke Watu Ulo, Papuma atau Pasir Putih Situbondo, sekarang ada tempat baru, yang bahkan sudah masuk acara TV jalan-jalan paling kekinian, yang semua orang sudah punya kaosnya. Bapak-bapak tua penunggu toko depan gang kos saya pun pake kaos itu. Yak, benar.. My Trip My Adventure. 
Kata teman saya yang hobi mancing, dia dan para mancingers lain sudah sering ke pantai itu. Terletak di Dusun Payangan Desa Semberejo Kecamatan Ambulu - Jember, Jawa Timur. Kalau yang sudah pernah ke Watu Ulo, tinggal ikuti jalur yang sama. Sampai ketemu pertigaan, Watu Ulo belok kanan, Payangan lurus terus sampai ketemu parkiran.. Ya, parkiran, karena saking ramainya tempat itu, pergi pagi pun, tempat parkiran sudah penuh mobil. Dengan wisatawan yang bukan hanya dari Jember, tapi juga seluruh Indonesia - well, thanks to My Trip My Adventure.
Lautnya berbahaya. I mean it. Sudah menelan banyak korban. Mulai dari nelayan sampai orang selfie. Sudahlah, kalau takut mati, nggak usah coba-coba menyapa malaikat maut. Kalau cuma mandi-mandi di pinggirnya sih OK, tapi kalau sampai renang ke tengah, apalagi bukan pro atau berpengalaman, saya sarankan tidak usah. 
Lebih baik jalan-jalan naik bukit kecil di pantai itu, untuk melihat indahnya laut lepas dari dataran tinggi. Dan tidak lupa, Teluk Cinta.
Jalan naik ke bukit cukup terjal, tapi jangan khawatir, bapak ibu gendong anak sekeluarga bawa tikar, rantang, galon, piknik di puncak juga bisa kok. Saya pake baju aneh super girly gitu juga nyampe puncak dan turun dengan selamat, alhamdulillah.. Nggak usah takut capek atau kaki pegel, karena pasti bakal sering ngetem buat foto-foto. Sumpah, pemandangan dari atas emang keren banget!
Itu namanya Jalan Cinta.. Kaya lagu dangdut yak? hehe..
Dan inilah kenapa disebut Teluk Cinta.. Kata ibu penjual ikan, di musim hujan, teluk itu tertutup air, sehingga bentuk lengkungannya tidak terlihat. Muda mudi pada ngantri foto di sini bareng pasangannya. Nggak cuma muda mudi kok.. Yang sudah nikah bertahun-tahun, kalo kuat naik juga nggak ada yang larang.. =))
Btw, ini foto semua punya Mas Asrul, suami Indah Peyek (baju pink).. Mas Asrul ini hobi banget mancing. Sebagai referensi buat para mancingers, bisa dapat ikan aneh-aneh di Payangan ini, lobster juga ada. . 
Walaupun sejuk dan pemandangan lebih indah setelah hujan, atau saat hujan rintik-rintik, atau saat berkabut, tidak disarankan bawa balita naik di saat-saat itu. Licin, mbak..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

39

Kalau kata film Tusuk Jelangkung, hari lahir dan weton orang itu akan terulang tiap 39 tahun. Jadi misalnya lahir tanggal 9 Maret 1993, Sela...