Selasa, 23 Februari 2016

THE SOUL CALLED HORMONE

Entah apakah laki-laki pernah merasakan hal yang sama saat terjadi fluktuasi hormon dalam dirinya. Karena kami wanita, sangat merasakan itu. Hormon..
Kalau kata wikipedia, hormon adalah molekul yang dilepaskan oleh suatu kelenjar dan disalurkan pada organ-organ tertentu melalui sistem sirkulasi yang mempengaruhi fisiologi dan tingkah laku.organisme multiseluler. Hormon yang paling mempengaruhi wanita adalah estrogen. For me, it's a soul.. Menurut saya, hormon estrogen ini sama seperti jiwa. Walaupun saya nggak yakin apa itu jiwa. Sesuatu yang ditiupkan Tuhan saat usia 4 bulan dalam kandungan, atau 21 gram yang hilang setelah mati? 
Mungkin jiwa yang lain, yang membentuk kepribadian lain. Really, itu yang saya rasakan sebagai wanita. Menurut alodokter.com, estrogen mempengaruhi produksi endorfin (hormon yang membuat bahagia), serotonin (mempengaruhi nafsu makan) dan melindungi kerusakan saraf. Maka tahulah kenapa saat sebelum mens atau sesudah, akan terjadi perubahan kebahagiaan atau nafsu makan.
Menurut m.menstruasi.com, dalam satu bulan, wanita mengalami empat tahap fluktuasi estrogen. Artinya, tiap minggu, hormon kami berubah-ubah,dan ini ditandai perubahan mood. Crazy, huh?? Empat tahap itu meliputi:
  1. Minggu setelah mens: hormon estrogen meningkat, sehingga wanita jadi lebih bahagia, semangat dan percaya diri
  2. Masa ovulasi: estrogen dan progesteron sangat tinggi sehingga wanita merasa sangat bersemangat, merasa cantik dan menarik
  3. Masa PMS: estrogen menurun, wanita jadi sensitif, mudah marah, sedih, depresi
  4. Saat mens: hormon reproduksi sangat rendah, sehingga wanita sering merasa lemas dan ingin banyak tidur
Saya tidak akan memberikan tips apa yang harus dilakukan untuk mengurangi efek dari fluktuasi ini. Karena saya yakin setiap orang memiliki rasa dan cara yang berbeda-beda untuk mengatasinya. Menurut saya, perubahan yang paling terasa adalah saat PMS, yang menurut alodokter.com terjadi 10 hari menjelang mens.
Supernatural.. Serial ini pernah menyiarkan satu season dimana Sam Winchester kehilangan jiwanya karena  tertinggal di neraka. Di situ digambarkan Sam yang biasanya sangat baik hati, jadi orang yang tidak peduli pada orang lain. Selama itu tidak merugikannya, dia tidak peduli, dan saat itu sedikit mengganggu, dia akan segera menyingkirkannya tanpa melihat efek perbuatannya pada orang lain. Well, kadang saya merasa seperti itu saat tidak sedang PMS. 
(pict from: pinterest.com)
Tapi saat PMS, saya jadi merasa seperti orang paling sensitif sedunia. Mudah bersimpati, peduli pada masalah orang, sering merasa kasihan. Tidak mau melihat plat nomer kendaraan orang karena bisa bikin sedih merasa ada di kota lain. True story.. Saat PMS, semua plat nomer di jalanan Sumbawa jadi buram. Tidak mau melihat sama sekali. Yang tampak hanya plat nomer DK, L, P, dan AE.
Merasa terbuang dan tidak berguna. Merasa apa yang dilakukan tidak ada artinya. Merasa selalu mengecewakan orang. Saat sms tidak dibalas, rasa sesaknya berlebihan. I feel so bad about myself. I feel shity..
"What did I doooo??? Did I say anything wroooong???"
"I look soooo fuuggllyyyyy..."
"I'm not worth it.."
"My GOOODDD... Pleaseeee... Let me kill myseeeelf!!"
Tapi sesaat setelah itu, saat hormon kembali diproduksi, saya kembali tidak peduli pada apapun. Souless..
Dia nggak telpon, nggak sms.. So he doesn't like me.. So what? 
Anyway, it's a gift from God. Tanpa hormon-hormon ini, dunia akan sepi.. Enjoy it, girls..  =)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

39

Kalau kata film Tusuk Jelangkung, hari lahir dan weton orang itu akan terulang tiap 39 tahun. Jadi misalnya lahir tanggal 9 Maret 1993, Sela...