Jumat, 12 Oktober 2018

MEMORIES OF MURDER (2003)

Film lama yang dapat rating 8,1/10. Sepertinya rating film foreign banyak yang lebih tinggi daripada film holywood. Kalau mau bilang mungkin karena jumlah orang Asia lebih banyak, nggak juga, karena di Youtube, film ini banyak direview oleh Youtubers barat. Film ini dan The Wailing. Karena penasaran, akhirnya nonton juga.
Dibintangi oleh Kang Ho Song sebagai Det. Park Doo Man dan Kim Sang Kyung sebagai Det. Seo Tae Yoon. Masih banyak lagi sih aktornya, tapi intinya ada di dua detektif ini. Cerita bersetting di kota kecil di Korea Selatan tahun 1986, dimana terjadi pembunuhan sadis dan pemerkosaan wanita cantik, Wanita tersebut diikat tangannya dengan bra dan matanya ditutup dengan celana dalam. Dan film ini terinspirasi oleh kasus yang memang pernah terjadi. Dua orang polisi (Park Doo dan Cho Yong) berusaha menyelidiki kasus ini. Sayangnya mereka hanya polisi desa yang tidak terlalu pintar, hanya memiliki insting yang bagus, cara interogasi yang mengerikan dan tanpa teknologi. Setelah ditemukan mayat satu wanita itu, terjadilah pembunuhan-pembunuhan berikutnya.

pict from wikipedia
 
Det. Park dan temannya Det. Cho Yong Koo (Kim Roi Ha) menangkap seorang pemuda idiot (Kwang Ho) yang suka mengikuti gadis-gadis. Mereka berdua menginterogasinya sampai babak belur, memaksa Kwang Ho untuk mengaku walaupun semua orang tahu bukan Kwang Ho pelakunya. Anehnya, Kwang Ho bisa menggambarkan hari pembunuhan itu dengan sangat jelas. Dianggap sebagai pahlawan karena bisa menangkap pembunuh sadis, Det Park dan Det Cho hampir diliput di berbagai media. Sayangnya datanglah Det. Seo dari Seoul yang membuktikan bahwa Kwang Ho tidak bersalah. Gagal dimuat sebagai pahlawan, Det Park dan Cho malah diliput sebagai polisi brutal.
Det Seo digambarkan sebagai sosok cool dan pintar, dia yang menemukan pola pembunuhan berantai itu. Semua bukti membawa pada tersangka yang salah, bahkan saksi-saksi kunci pun mati atau jadi gila.
Bagaimanapun, persaingan antara detektif kota dan detektif desa ini menjadi cerita tersendiri. Yang menarik dari film ini adalah film tidak 100% disetting thriller, ada komedi, kekonyolan dua detektif desa, drama percintaan, drama persahabatan dan tentunya horor. Emosi kita dibuat naik turun dan pasti kesal pada akhir ceritanya. I won't give any spoilers tentang akhir ceritanya. Harus nonton sendiri 131 menit film ini..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

39

Kalau kata film Tusuk Jelangkung, hari lahir dan weton orang itu akan terulang tiap 39 tahun. Jadi misalnya lahir tanggal 9 Maret 1993, Sela...