Kamis, 07 November 2019

FLIPPED (2010)

Belum pernah dengar tentang film ini sebelum-sebelumnya. Tahun 2010 itu saya masih kerja kantoran, jamannya Inception, Alice in Wonderland, Social Network dan masih banyak lagi. Film super drama begini kelewat aja. Baru tahu kemarin karena ada rekom video lirik lagu Shane Filan remake "Make You Feel My Love". Kirain itu memang konsep video klipnya, setelah baca komen di bawah, ternyata  pake cuplikan scene film "Flipped". Dan menurut komen-komen di sana, itu film cute bangeett.. Apalagi bersetting tahun 1960an yang belum terlalu banyak teknologi pemisah manusia.. Kan jadi penasaran. Mumpung udah kerja tugas, jadilah saya nonton film itu.
Film menceritakan sudut pandang dua sisi. Ada sisi Juliana Baker dan sisi Bryce Loski. Juli dan Bryce bertetangga, rumah mereka saling berhadapan. Bryce adalah anak yang baru saja pindah rumah. Keluarganya cukup berada, tetapi ayahnya selalu berpikiran negatif pada semua orang. Sedangkan Juli yang sudah duluan tinggal di daerah itu adalah keluarga pas-pasan yang ramah dan positif pada semua orang. Juli jatuh cinta sejak pertama melihat Bryce saat umur 8 tahun, menurut Juli, Bryce memiliki mata yang sangat indah. Juli berusaha mati-matian membuat Bryce tidak canggung padanya. Tiap hari dia menempel Bryce kesana kemari.
Bertolak belakang dengan Bryce yang ternyata sangat terganggu dengan keberadaan Juli. Bahkan Ayahnya juga memandang keluarga Juli seperti sampah, tidak mau menerima makanan pemberian mereka. Setelah beranjak remaja, untuk menghindar dari Juli, Bryce mendekati cewek paling cantik di sekolahnya dan berhasil menjauhkan Juli selama beberapa minggu.
Juli diceritakan sebagai seorang anak berkarakter bebas dan cuek. Dia tidak peduli seburuk apapun Bryce memperlakukannya atau anak lain membicarakan karena rumahnya yang kotor dan tingkahnya yang agak aneh. 
Sedangkan Bryce diceritakan sebagai karakter yang menyebalkan. Mungkin kalau dewasa nanti dia bakal jadi school jock yang ganteng dan populer. Dia tidak suka orang membicarakannya dekat dengan Juli, dia bahkan tidak mengakui Juli sebagai teman.
Tapi keadaan tiba-tiba berbalik setelah kedatangan Chet - kakek Bryce. Chet sangat menyukai karakter Juli, dan menasihatinya agar tidak melihat manusia dari kenampakannya saja tetapi juga bagaimana isinya sehingga dia bisa dikatakan indah secara utuh. Begitu pula dia menasihati Bryce. Dari situ Juli sadar bahwa Bryce jahat, dan Bryce sadar bahwa Juli adalah sosok menarik.


Cute things happen.. Cute banget lah.. Walopun Bryce dalam monolognya selalu mengatakan dia tidak menyukai Juli, tapi ekspresi muka dan tindak tanduknya tidak menggambarkan demikian. Jadinya lucu aja liat dua anak ini.. Cinta monyet lah ini.. Film juga dibumbui masalah keluarga masing-masing yang sebenarnya juga menyampaikan bahwa yang terjadi di dalam tidak selalu seindah kenampakannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

39

Kalau kata film Tusuk Jelangkung, hari lahir dan weton orang itu akan terulang tiap 39 tahun. Jadi misalnya lahir tanggal 9 Maret 1993, Sela...