Rabu, 09 Juni 2021

CONJURING: THE DEVIL MADE ME DO IT

I have never expected this movie would be this good.. Karena bukan dipegang James Wan - Sutradara horor Hollywood kepercayaan kita semua. Haha.. Saat M.Night Shyamalan mulai aneh dengan film-film tidak jelas setelah The Sixth Sense dan The Village, kepercayaan saya pada sutradara horor Hollywood menurun. Untuk saya, horror Asia jauh lebih menarik, dan seperti sudah saya sering tulis, banyak sutradara Hollywood berusaha meremake film horor Asia, berakhir zonk. Dan tiba-tiba datanglah James Wan dengan Saw 1, conjuring universe, dan insidious. Dia membawa sentuhan horor Asia ke horor Hollywood. haha.. itu menurut saya. Karena bagi pengikut karya James Wan, ada sesuatu yang khas, tidak bisa dijelaskan. Seperti ada deception ke satu titik, tapi kagetnya di titik lain, dan uniknya, formula itu kadang tidak dipakai di scene lain. Jadi di scene lain, di titik serem, di situlah muncul hantu. Haha.. Mantap lah kalo James Wan..

Anyway, conjuring 3 ini tidak disutradarai oleh James Wan, memang dia masih jadi writer dan producer. But still.. saya masih mengharapkan sentuhan James Wan di lanjutan valak yang luar biasa itu. Saat trailernya keluar, I was soo excited.. too excited.. But something was different. Bahkan sebelum melihat jajaran produksinya, saya sudah merasa kalau ini bukan disutradarai James Wan. Sama rasanya seperti saat nonton Saw 1, lalu lanjut Saw 2, ada yang berbeda. 

Saat release, saya tidak terlalu berharap banyak. Tapiii.. saat youtube reviewers mulai posting.. Loh, kok reviewnya bagus? haha.. Maka akhirnya saya nonton karena penasaran sebagus apa..

Masih menceritakan kasus yang pernah ditangani pasangan Ed dan Lorraine Warren. Diantara semua yang pernah masuk di conjuring universe, saya hanya tahu kasus Amityville saja. Kali ini mereka menangani kesurupan seorang anak laki-laki 8 tahun bernama David. Rumah sudah hancur disana sini, anak yang nampak cupu ini bisa mengoyak tembok kayu, berteriak memaki ibunya dan menyerang ayahnya dengan senjata tajam. Ed bersama Father Gordon berusaha melakukan exorcism pada David. Tapi, sampai beberapa lama, bukannya keluar, David malah semakin menjadi-jadi. Arne, seorang lelaki muda pacar kakak David, kasihan melihat penderitaan David dan mengundang apapun yang ada di dalam diri David untuk pindah ke dirinya. Tentu saja makhluk itu bersedia. Arne lebih matang, badannya lebih besar, apapun yang diinginkan makhluk itu, Arne pasti lebih menarik daripada anak seumuran David. Sayangnya, hanya Ed yang melihat perpindahan itu, dan Ed langsung tumbang karena serangan jantung.

Ed tidak sadarkan diri, sementara Arne mulai menjalani kehidupan baru bersama keluarga David yang sudah mulai normal. Sampai suatu saat, makhluk itu kembali berulah, memunculkan bayangan-bayangan dan penampakan macam-macam di kepala Arne, dan membuatnya membunuh seseorang.

Arne harus dipenjara karena melakukan pembunuhan sadis. Kesaksiannya tidak dipercaya oleh semua orang. Dia bisa membaca Injil dan tidak bereaksi pada holy water. Tidak ada tanda-tanda dia dirasuki demon dalam bentuk apapun. Tetapi dia masih bisa mendengar suara-suara itu, masih melihat bayangan-bayangan mengerikan. Ed dan Lorraine bingung, makhluk dari neraka sebelah mana yang begitu kuatnya membuat Arne bertindak seperti itu?  Sampai akhirnya mereka menemukan sebuah totem di bawah rumah keluarga David, dan menyadari kalau ini bukan ulah jin-jin jahat yang sering mereka hadapi sebelumnya. Just FYI, totem itu kalau di Indonesia semacam kiriman teluh, alias santet. Biasanya terbuat dari tulang atau gigi, rambut, pokoknya barang aneh-aneh gitu lah. Ini karena saya follower Supernatural sampai season 10, pengetahuan saya tentang mistisme barat agak berkembang. Haha.. 

pic from: https://mantrasukabumi.pikiran-rakyat.com/entertainment/pr-201968513/the-conjuring-3-the-devil-made-me-do-it-trailer-tanggal-rilis-pemeran-link-streaming-hbo-max

SO, kali ini, mereka berhadapan dengan sesama manusia yang mungkin tidak akan mempan saat dibacakan ayat-ayat Injil. SPOILER ALERT!! Tidak ada penampakan hantu dalam film ini. Semua adalah makhluk berwujud, tidak mengerikan seperti hantu Bathsheba atau iblis Valak. Tapi, alur cerita yang baik dan plot twist yang tidak saya sangka, membuat film ini jadi lebih bagus daripada ekspektasi saya. Sumpah, karena saking tidak tertariknya, saya tidak berusaha mencari tahu Conjuring 3 ini akan menceritakan apa. Untuk saya, plot twist terbesarnya adalah bahwa mereka mengangkat isu santet. Mungkin mereka mulai bosan menyalah-nyalahkan jin, setan dan teman-temannya, sementara manusia sebenarnya juga tidak lebih baik dari setan. haha..

Kalau di Indonesia biasanya orang disantet karena saingan bisnis, rebutan cowok atau cewek, rebutan harta, atau orang sakit hati. Lantas kenapa David, anak kecil lugu itu disantet orang tidak dikenal? Untuk saya, pertanyaan ini adalah satu lubang besar di Conjuring 3. Untuk apa Ida - si tukang santet kurang kerjaan ini membutuhkan 3 nyawa untuk dipersembahkan pada the mighty demon? Apakah dia ingin kaya? Atau ingin menguasai dunia?     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

39

Kalau kata film Tusuk Jelangkung, hari lahir dan weton orang itu akan terulang tiap 39 tahun. Jadi misalnya lahir tanggal 9 Maret 1993, Sela...