Jumat, 16 Maret 2012

KAMU MAUNYA APA?

Semalam ibu sms sebelum saya buka puasa.. "Semoga apa yang kamu minta dengan puasa ini dikabulkan Allah..". I was dumbstruck.. Ya..benar.. Teman saya pernah marah pada Tuhan, karena setelah tirakatnya selama ini, dia tetap gak ketrima tes CPNS. Ibu sms seperti itu.. Mereka semua berpendapat sama, bahwa tirakat seseorang pastinya karena menginginkan sesuatu. Is that how it works? Are there any manual for asking something to God? Saya jadi bingung.. Memangnya saya mau apa? Apa yang saya minta sama Allah? Kenapa saya puasa Senin-Kamis? Karena saya tidak merasa hendak meminta sesuatu. Mungkin lebih ke arah berterima kasih karena sudah diberi kehidupan yang indah ini..
Minta jodoh? come on.. Nenek saya bahkan sudah bayar 20 juta dan nangis di depan Ka'bah untuk memintakan jodoh buat saya. Kalo saya gak mau, Tuhan gak akan memberi. Ya kan? Karena menurut saya, Tuhan itu tahu apa yang kita mau. Selalu memberi di saat yang tepat. Saya gak peduli kalo ada orang yang gak percaya Tuhan. Hidup mereka pasti terasa hampa, karena gak ada tempat curhat pribadi yang gak ember..
Ingat-ingat deh.. Tuhan itu selalu memberi. Kasus saya misalnya. Saya pingin nonton McFly, dikabulkan. Saya pingin kerja kantoran - dikabulkan. Saya bosan kerja kantoran, pingin sekolah gratis - dikabulkan. Saya pingin ngerasain tidur di hotel berbintang - dikabulkan. Saya ingin punya cinta sejati - dikabulkan. Saya pingin jalan-jalan ke Bali - dikabulkan. Saya sakit habis jatuh, minta ijin gak sholat - dikabulkan. Apa sih yang gak dikabulkan?
Saya anak yang tidak suka minta-minta ke orang tua. Bukannya sok cari duit sendiri, karena kenyataannya, setelah punya uang sendiri pun saya gak pernah shopping. Banyak teman-teman bapak dan ibu yang iri, ingin punya anak seperti saya. Yang gak merepotkan, gak pernah minta aneh-aneh, gak banyak gaya, rajin membantu pekerjaan rumah, dll, dll. Menurut mereka, I'm a perfect child.
Tadinya saya senang banyak orang berpendapat seperti itu. Sampai akhirnya saya merasakan hidup jauh dari orang tua. Beberapa hari lagi, teman saya menikah, dan saya di sini tidak punya baju untuk ke nikahan. Baju di lemari hanya kemeja kotak-kotak dan kaos oblong. Jangan tanya sepatu pesta.. Akhirnya saya memutuskan pergi ke mall untuk beli satu baju pesta. Setelah di sana.. Ternyata saya malah tidak tahu harus apa. Tidak tahu apa yang saya inginkan..
Saya baru sadar kalo ternyata saya anak yang tidak tahu apa yang diinginkan.. Mau tahu kenapa ini adalah sifat yang buruk? Karena akhirnya saya gak berambisi, gak tahu akan kemana dan apa yang ingin dimiliki. Orang macam apa yang tidak punya ambisi sama sekali? Orang macam saya.. Yang hidup seadanya..Saya yakin tidak ada orang tua di dunia ini yang ingin anaknya hidup apa adanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

39

Kalau kata film Tusuk Jelangkung, hari lahir dan weton orang itu akan terulang tiap 39 tahun. Jadi misalnya lahir tanggal 9 Maret 1993, Sela...