Selasa, 10 Februari 2015

SS OURANG MEDAN

Memang beberapa hari ini saya lagi kurang kerjaan. Jadi suka buka-buka video-video di youtube. Video kompilasi model acara On The Spot di Trans 7. Salah satunya adalah "5 Extremely Creepy Mysteries". Boleh dilihat sendiri di Youtube. Dari video itu, baru saya dengar tentang sebuah kapal hantu bernama SS Ourang Medan yang tenggelam di perairan Indonesia. 
Hanya sedikit info tentang SS (steam ship / kapal uap) Ourang Medan. Kapal yang menggunakan nama Indonesia, tapi diawali istilah barat ini tidak diketahui dengan jelas keberadaannya. Masih menjadi misteri apakah kapal ini benar-benar ada atau hanya sebuah urban legend.
Tapi ternyata ada 3 artikel dalam majalah Belanda-Indonesia ( De locomotief: Samarangsch handels- en advertentie-blad) yang pernah memberitakan tentang kapal ini. Diceritakan bahwa pada sekitar bulan Juni tahun1947 (wikipedia) atau Februari 1948 (Youtube), dua kapal Amerika - Silver Star dan City of Baltimore menangkap sebuah kode morse dari kapal pedagang Belanda saat melewati Selat Malaka. Kode tersebut berbunyi, 
"S.O.S. from Ourang Medan * * * we float. All officers including the Captain, dead in chartroom and on the bridge. Probably whole of crew dead * * *...... I die."
Silver Star menemukan lokasi SS Ourang Medan dan pergi untuk melihat keadaan mereka. Suhu di kapal itu sangat dingin walaupun cuaca sangat panas. ABK Silver Star mendapati semua awak kapal - termasuk anjing, tergeletak mati dengan mata dan mulut terbuka, wajah menghadap matahari, tangan terentang, seolah menyaksikan sesuatu yang mengerikan. Tapi tidak ditemukan luka di badan mereka. Beberapa saat kemudian, api menyulut dari kargo, memaksa orang-orang dari Silver Star segera pergi dari sana. Tidak lama kemudian, SS Ourang Medan pun meledak. Karena tidak ada bukti bangkai kapal inilah maka cerita tentang SS Ourang Medan sering hanya dianggap sebagai legenda.
Ada sumber yang menyebutkan kalau kapal ini mengangkut bahan kimia berbahaya. Wikipedia bilang asam sulfat, youtube bilang potasium sianida dan nitrogliserin yang dapat menimbulkan senyawa beracun saat bereaksi dengan air laut. Bahan kimia ini lalu mengalami kebocoran dan meracuni semua awak kapal. Ada juga yang mengatakan kalau mungkin terjadi kesalahan di ruang boiler, sehingga timbul gas monocarbon yang meracuni semua orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

39

Kalau kata film Tusuk Jelangkung, hari lahir dan weton orang itu akan terulang tiap 39 tahun. Jadi misalnya lahir tanggal 9 Maret 1993, Sela...