Sabtu, 28 November 2015

MENCOBA MENGERTI

Sepanjang hidup, bahasa Tuhan yang bagaimana yang sudah kalian sadari? Kadang manusia kurang bisa menyadari kalau sebenarnya Tuhan sangat mengerti mereka. Itu kalau mereka percaya pada Tuhan. Saya tidak bisa membayangkan diri tanpa percaya bahwa ada sesuatu yang Maha Tinggi dan tidak pernah tidur, entah dimana, yang menjadi Pengadilan Tertinggi. Mungkin hidup saya akan lebih kacau dari sekarang. 
Kita meminta, Tuhan memberi.. Tapi kita tidak sadar saat Dia sudah memberi, karena kita manusia yang tidak pernah puas akan segala sesuatu. Ada teman yang suka pergi ke acara pengajian berbeda-beda, dengan uztad berbeda dan selalu menanyakan pertanyaan yang sama, "Kenapa ya Tuhan sepertinya tidak pernah mendengar doa saya. Saya minta jodoh tapi tidak segera diberi.."
Saya jadi bertanya-tanya, apakah hanya itu saja doanya setiap hari? 
Tapi saya tidak sedang ingin membicarakan jodoh. Saya ingin menulis tentang bahasa Tuhan.
God works in mysterious ways.. Itu kata orang. 
Dan memang benar. Kadang saya menyadari itu saat semua berlalu. Seperti misalnya setelah dari Thailand kemarin. Melihat Thailand sudah jadi mimpi sejak jaman sekolah. Mungkin kalau saya sekolah kedokteran hewan, saya tidak akan pernah dapat beasiswa, saya dapat beasiswa karena info dari teman saat kerja di pabrik benih. So, kalau tidak kerja di pabrik itu, saya tidak akan dengar infonya. Kalau saya tidak memaksa pergi merantau ke Sulawesi karena penempatan beasiswa, mungkin saya tidak akan mendapatkan jalan pergi ke Sumbawa. Kalau tidak ke sumbawa, maka saya tidak akan ke Thailand.
Itu adalah contoh kejadian yang bagus. 
Kadang saya bingung saat melakukan sesuatu yang salah, tapi lalu menemukan sesuatu yang lain, yang menunjukkan kesalahan orang lain. Bingung kan. 
Misalnya, ini hanya contoh. Hanya fiktif belaka..
Ada orang yang numpang charge hp di laptop. Karena kepo, dan orang yang nitip sedang pergi ke suatu tempat dalam waktu cukup lama, saya buka file di memory card hpnya. Ternyata di folder foto, saya menemukan foto bukti transfer uang dalam jumlah cukup besar dari rekening perusahaan ke rekening pribadi. Tidak mau berpikiran negatif, saya lupakan saja dan berusaha cuek. Tapi tiba-tiba, saat bergunjing dengan orang lain tentang sesuatu, orang itu tiba-tiba memberikan info tentang transfer uang oleh si penumpang charge tadi, karena ternyata dia yang diminta tolong untuk melakukan transfer.
Kepo, ber-ghibah, lancang, semua adalah cara yang salah. Tapi info yang didapatkan  malah menunjukkan intrik orang lain. Itu hanya contoh, karena bukan itu yang sebenarnya terjadi. 
Kepo dan ghibahnya yang bukan fiksi. 
Cara yang salah untuk mengetahui sesuatu yang salah. 
Semoga Tuhan mengampuni dosa kita semua.
Amiinn...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

39

Kalau kata film Tusuk Jelangkung, hari lahir dan weton orang itu akan terulang tiap 39 tahun. Jadi misalnya lahir tanggal 9 Maret 1993, Sela...