Rabu, 18 Januari 2012

ACARA ORANG BESAR

Semalam, sambil sahur saya gak sengaja nonton acara ini. Biggest Loser, reality show menguruskan orang-orang obesitas. Saya bersyukur tidak ada masalah dengan berat badan. Tapi sama saja, saat sekolah dulu juga sering jadi bahan olok-olok karena mata sipit seperti ngantuk sepanjang hari. Intinya, yaa.. itu sifat dasar manusia, suka cari kejelekan orang. Bedanya, kalo jaman saya sekolah dulu, kita diolok-olok ya langsung bales aja. Ga takut-takut di-bully, semua sama-sama b'canda. Tahun 90'an tu adalah greatest years to grow up. Di sekitar saya belum kenal pem-bully-an, g ky anak-anak jaman sekarang. Masih SD kelas 4 udah bully adik kelasnya yang masih kelas 1. Gila..
Mungkin emang bebannya beda antara rasa diolok-olok karena mata sipit dibandingkan diolok-olok karena badan kegedean. Orang yang kegedean badan biasanya memilih diam kalo diolok-olok, mungkin karena mereka memang tertekan di dalam. Dengan acara seperti Biggest Loser ini mungkin bisa menunjukkan pada orang-orang obesitas, bahwa kembali ke berat tubuh ideal itu masih possible, segede apapun, seberat apapun tubuhmu, yang penting adalah kemauan dan pantang menyerah.
Gampang sih nulis ky gini, cz saya gak pernah ada masalah dengan berat badan. Dulu waktu SD agak chubby, gara-gara di TV ada berita artis Indonesia meninggal karena AIDS. Saya ingat dulu ditayangkan di TV, waktu artis itu terbaring di rumah sakit dengan keadaan tubuh kurus kering. Padahal saat sehat orang itu ganteng banget, saya lupa siapa namanya. Waktu itu, saya kurus pendek, kalo maen bareng teman-teman sering jadi cadangan..hix..hix.. Smallest Loser. Setelah berita itu, saya ketakutan setengah mati,cz belum tahu apa itu HIV/AIDS. Saya jadi takut, jangan-jangan kurus ini gara-gara AIDS?? =D
Akhirnya saya jadi banyak makan dan minum susu. Pagi 2 gelas susu dan malam juga.. Ibu yang melihat perubahan ini malah senang setengah mati. Tapi, akhirnya saya mulai mengerti apa itu HIV/AIDS, dan makan kembali normal sejak SMP, dan berat badan semakin menurun s`mpai sekarang, untungnya tinggi bertambah. Mungkin karena banyak minum susu.. Saya g suka olah raga, dan saya juga g suka makan..hehe..jadi ya segini-segini aja.
Sekali lagi, mungkin menulis "Kemauan dan Pantang Menyerah" lebih gampang daripada menghadapinya. Karena obesitas tentunya yang paling tampak adalah mempengaruhi nafas dan daya gerak. Nafas mudah terengah-engah, mungkin karena paru-paru terdesak lemak, atau karena jantung bekerja keras. Sedangkan daya gerak mungkin karena tulang-tulang yang tidak kuat menyangga tubuh dan tumpukan lemak menghambat pergerakan. Di luar nafsu makan tinggi. Bagi orang obesitas, tentunya sulit sekali menjalani latihan-latihan fitness seru seperti itu. Fitness, lari, sit up, lompat jongkok, apalah lagi tuh.. seru abizz lah excercise-nya. Saya aja gak pernah..hehe..
Salut lah buat mereka yang berhasil, yang jelas, hasil dari olah raga dan diet pasti lebih bagus dan awet daripada operasi atau sedot lemak. 
Kalau nonton audisinya, orang-orang gede baris mo daftar, saya jadi ikut deg-deg-an.. "Wih, keren kaya'nya nih kalo orang-orang ini jadi ideal semua.."
Saya paling suka waktu penimbangan.. Dan juga scene dari waktu ke waktu penurunan berat badan..ckckck..keren..everything is possible.. =)
Cuma, yang saya sayangkan.. Semalam waktu nonton acara itu, diteruskan dengan acara Biggest Loser Asia.  Audisi dilakukan di Singapore, Malaysia, Philipine, Thailand (mungkin) dan salah satunya di Jakarta - Indonesia. Tebak, apa yang jadi masalah besar audisi di Indonesia?  BAHASA..
Di tayangan itu ditampilkan mereka yang ikut audisi kebanyakan g ngerti bahasa Inggris, dan tidak terjadi di negara lain..Hmmmhhh... Bukannya saya ngaku-ngaku kalo bahasa Inggris saya udah hebat. Saya juga bisanya Inggris pasif, tapi kan saya gak ikut audisi.. dan saya juga punya sifat dasar manusia, suka cari-cari kesalahan orang..heheheh...=P 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

39

Kalau kata film Tusuk Jelangkung, hari lahir dan weton orang itu akan terulang tiap 39 tahun. Jadi misalnya lahir tanggal 9 Maret 1993, Sela...