Rabu, 12 Desember 2012

BAU

Flavor adalah sensasi yang dihasilkan bahan makanan ketika diletakkan dalam mulut, terutama yang ditimbulkan oleh rasa dan bau. komposisi makanan dan senyawa-senyawa yang merupakan pemberi rasa dan bau berinteraksi dengan reseptor organ perasa dan penciuman menghasilkan signal yang dibawa menuju pusat susunan syaraf untuk memberi pengaruh dari flavor..
Beberapa waktu lalu nonton Spongebob, nggak tahu apa judulnya, yang jelas mereka akhirnya sadar kalo Patrick nggak punya hidung.. haha! Di episode itu diceritakan kalau Patrick tiba-tiba pengen punya hidung. Akhirnya, melalui operasi, didapatnyalah sebuah hidung, dan dia bisa mencium bau-bau di sekitarnya yang ternyata nggak semuanya enak dirasakan. Pernah nggak membayangkan gimana bau mempengaruhi hidup kita? Ada cewek cantik lewat baunya wangiii...bisa kebayang-bayang sampe mimpi.. hehe..
Bau-bauan dikenali bila uap atau molekul komponen menyentuh silia sel olfaktori dan diteruskan ke otak dalam bentuk impuls listrik.

Kita - manusia bisa mendeteksi 16 juta macam bau. 16 JUTA!! Itu kan 16 diikuti 6 digit angka 0?!! Sebanyak itu bau yang bisa kita deteksi. Tapi itu nggak sebanding dengan indra penciuman hewan. Subhanallah..
Indera penciuman sangat sensitif terhadap bau, kecepatan timbulnya bau lebih kurang 0,18 detik dan kepekaan indra penciuman kita bisa berkurang 1% tiap bertambahnya umur 1 tahun. Ada 4 bau utama, yaitu harum, asam, tengik dan hangus. Jadi, 16 juta tadi bisa merupakan variasi kombinasi dari 4 bau utama tadi. Bersyukurlah saat hidungmu masih berfungsi sempurna.. =)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

39

Kalau kata film Tusuk Jelangkung, hari lahir dan weton orang itu akan terulang tiap 39 tahun. Jadi misalnya lahir tanggal 9 Maret 1993, Sela...