Minggu, 12 Maret 2017

RUMAH KOS

Rumah Kos adalah tempat yang menarik. Bagi remaja yang baru beranjak dewasa, rumah kos akan menjadi tempat kenangan tak terlupakan seumur hidup, karena adalah awal perjuangan. Awal hidup terpisah dari keluarga untuk mencoba mandiri. Menghadapi segala permasalahan sendiri dan tumbuh menjadi manusia bertanggung jawab. Bagi perantau, rumah kos adalah sanctuary, tempat berteduh saat panas dan hujan. Tempat beristirahat, pelabuhan sementara sebelum berpindah ke tempat lain lagi, untuk mencari pengalaman baru lagi. Bagi pasangan muda, rumah kos adalah harga dari sebuah gengsi hidup bersama dengan orang tua. Karena belum mampu membeli rumah, maka rumah kos bisa menjadi tempat pelarian sementara dari omongan tetangga. 
Yang manakah kita?
Rumah kos juga bisa menjadi tempat bernuansa negatif. Tempat berkumpul anak muda, terbebas dari pantauan orang tua untuk bersenang-senang, mencoba berbagai hal baru yang tidak diperbolehkan orang tua seperti merokok, minuman keras, narkoba, bawa pacar ke dalam kamar. Karena biasanya induk semang kos tidak tinggal di rumah yang sama.
Seringkali saya melihat berita di televisi tentang polisi atau BNN menggrebek rumah kos, dan memang ditemukan narkoba, minuman keras, atau pasangan mesum.Walaupun menurut saya, pasangan mesum bukan urusan pihak berwajib. Karena saya yakin mereka yang melakukan ini sudah dewasa dan tahu mana yang baik dan buruk, dan apa konsekuensi dari perbuatan mereka, yaitu neraka. Saya tidak pernah mencoba mencari tahu bagaimana sistem hukum di Indonesia. Seperti yang pernah saya tulis sebelumnya di "It's A Human's Basic Need", bahwa menurut saya sex adalah kebutuhan dasar manusia normal. Seberapa lama pun pasangan mesum direhabilitasi di dinas sosial, suatu saat, mereka pasti akan melakukannya lagi.
Anyway, kembali ke rumah kos..
Bagi saya, rumah kos adalah tempat untuk mensyukuri betapa bahagianya memiliki rumah sendiri. Semua barang ada pada tempatnya. Mensyukuri betapa bahagianya hidup dikelilingi orang yang kita sayangi, walaupun mereka selalu menuntut ini dan itu. Mensyukuri tangan-tangan lembut yang memegang dahi saat kita demam. 
Alhamdulillah saya punya ibu kos yang luar biasa baik dan menjaga keamanan kosnya dari pasangan-pasangan mesum. Mungkin karena itu juga beberapa orang tidak bisa menetap lebih dari satu bulan. See? it's a human's basic need..



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

39

Kalau kata film Tusuk Jelangkung, hari lahir dan weton orang itu akan terulang tiap 39 tahun. Jadi misalnya lahir tanggal 9 Maret 1993, Sela...