Sabtu, 25 Maret 2017

MASYARAKAT HAKIM

Society can be harsh.. sometimes, no.. Everytime. It will make you feel useless just by a simple question like, "Where do you work?" or "Do you have a boyfriend? How old are you? Those are simple questions, that judge. Today's society are so judgemental. Bahkan tidak punya akun Facebook pun bisa jadi bahan omongan - sombong, sok misterius, ga gaul, gaptek..
Tadi pagi saya menonton berita yang menyedihkan. Seorang wanita mengamuk di kantor kelurahan karena minta dicarikan jodoh. Saat diwawancara, seorang pegawai kelurahan berkata, "Karena umurnya sudah 29 tahun, dan belum menikah, mungkin dia depresi..". Well, someone doesn't suddenly get depressed.. Masyarakat yang menuntut setiap orang menjadi normal. Mengasihani atau membenci  orang yang dianggap kurang normal. Seorang teman pernah berkata, "Saya nggak suka lihat cowok banci kaya gitu..". My God, do you have to say that?? Do you have any idea how they struggle everyday? Bagaimana banci-banci ini mengutuk dirinya sendiri tiap melihat cermin, menghadapi keluarga, menghadapi pandangan teman, menghadapi pandangan orang di sekitar? And you have to say that you hate them without knowing their potentials.. WTF?
Kapan nikah? Kerja dimana? Kapan punya anak? Anaknya keterima kuliah dimana? Dimana pertanyaan-pertanyaan ini biasanya diajukan walaupun si penyanya sudah mengetahui jawabannya. Dia mendengar dari orang lain tentang orang yang ditanya, dan menanyakannya sendiri. Entah apa tujuannya. Untuk mengingatkan how miserable si orang yang ditanya, atau hanya mencari topik pembicaraan. If you want to make conversation, just get other topics! Let's say, Apa hobimu? Sudah baca buku ini? Nonton berita kemarin?  
Setelah pagi nonton berita pagi itu, sorenya nonton Swiss Army Man, yang benar-benar mendukung post saya kali ini. Menceritakan seorang laki-laki (Hank Thompson diperankan oleh Paul Dano) terdampar di sebuah pulau kecil tidak berpenghuni. Setelah beberapa lama tidak ada pertolongan dan putus asa, Hank pun berniat gantung diri, tetapi tiba-tiba dia melihat sesosok manusia terdampar juga. Ternyata manusia ini sudah tidak bernyawa. Hank kembali ingin bunuh diri, dia sudah bersiap sampai si mayat tiba-tiba kentut. Kentut yang luar biasa kuat sampai-sampai Hank bisa menaiki mayat itu seperti jet ski dan membawanya pergi dari pulau itu. Dan terdamparlah dia di pulau lain. Walaupun pulau itu berpenghuni, tapi Hank harus melewati hutan belantara untuk sampai ke pemukiman. Hank tidak tahu harus pergi kemana, dan karena merasa telah ditolong oleh si mayat, Hank menggendong mayat itu juga untuk mencari pemukiman. 
Selama di perjalanan ini terjadi hal-hal aneh. Mayat itu mulai berbicara dan berkata kalau namanya adalah Manny (diperankan oleh Daniel Radcliffe). Manny tidak bisa mengingat hidup, sehingga selama perjalanan, Hank mengajari Manny tentang kehidupan. Selain itu, tubuh Manny bisa melakukan hal-hal luar biasa, seperti mengeluarkan air bersih, menembakkan biji-bijian, memotong kayu, tali, bahkan sebagai penunjuk jalan. Cara yang dilakukan Hank untuk mengingatkan Manny tentang kehidupan sungguh indah. Dia membuat tiruan tempat-tempat yang biasa dikunjungi manusia dari ranting-ranting dan barang sisa orang camping. Seperti bus, cafe, club, dan lain-lain. Walaupun sebenarnya Hank tidak pernah pergi party-party.
Yang membuat film ini menarik adalah, kita bisa melihat dari dua sisi. Persahabatan yang indah, dan persahabatan yang dianggap tidak normal. Dari sisi Hank, perjalanan itu sangat indah dan menyenangkan, tapi ternyata masyarakat yang ditemui menganggap apa yang mereka lakukan sangat aneh dan mengerikan. Hank adalah lelaki pemalu dan pendiam, tapi bersama Manny, dia jadi merasa spesial dan bebas. Tapi saat kembali bertemu masyarakat, ada banyak peraturan, etika, kenormalan.

pict from http://www.rogerebert.com/reviews/swiss-army-man-2016
Hank     : "People don't like other people's farts."
Manny  : "Is that why you don't fart in front of me?"
Hank     : "I just like to do it alone, or hold it in, that's what you're supposed to do."
Manny  : "That's so sad. If my best friend hides his farts from me then what else is he hiding from me, and why does that make me feel so alone?"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

39

Kalau kata film Tusuk Jelangkung, hari lahir dan weton orang itu akan terulang tiap 39 tahun. Jadi misalnya lahir tanggal 9 Maret 1993, Sela...