Minggu, 17 April 2022

MY FIRST BTS (ONLINE) CONCERT

Yaaayyy... akhirnya nonton juga, setelah berkali-kali cuma lihat cuplikan-cuplikan momentnya di Youtube. Nontonin Tae-Kook aja sih.. heheh.. Seriously, my heart skips a beat everytime they "did" something. Sesuatu yang oleh beberapa kelompok, disebut sebagai "fanservice". I love it but so many times, "NO! Please don't! Stop there..". Haha.. mixed feelings

Anyway, jangan tanya bagaimana saya nonton. Legal atau ilegal. If you know me, than you know..

Sebelum pandemi menyerang, I was one of the haters, so, there's no way that I went to any of their concert. Tiga hari lagi adalah hari dimana pertama kalinya saya terpesona oleh efek BTS terhadap perekonomian Korea Selatan. Butter adalah experience event comeback pertama saya. So, itu adalah saat dimana semua dilakukan secara online. Konser online pertama mereka yang saya tahu adalah Sowoozoo, dan entah dari mana saya dapat video konsernya, tapi gak saya tonton juga, karena gak sempat-sempat. Dan ternyata covid tidak menghentikan mereka. COVID is nothing for Bang Si Hyuk and team. More and more online concerts. 

Di kepala saya saat itu. Enak banget ngadain konser online.. Gak perlu atur tempat duduk penonton, g ribet kedatangan penonton yang ricuh, artis aman, cuma butuh internet sama aplikasi apaan paling.

바보 .. I am.. Baru saya sadari beberapa saat lalu ada salah satu band favorit saya yang gagal mengadakan konser live di sebuah negara karena negara tersebut sedang tinggi kasus covid. Dalam hati saya komen, "Kenapa mereka gak ngadain konser online aja sih?" 

Dan baru hari ini saya sadar, this kind of concert is not for everyone. Ini hanya untuk promotor yang yakin ribuan seats tiketnya bakal SOLD OUT. And it takes super hardwork of everyone. Literally everyone. Mulai dari promotor, artisnya, producer, camera director, PA yang taruh lampu di stage, security, stylist yang pasang cast di tangan Seok Jin sampe orang yang taruh air kemasan di pinggir panggung. Because it's HUGE!

Well, BTS Permission To Dance On Stage Las Vegas 2022 was CRAZY AWESOME!!

Sebagai orang yang belum pernah kuliah online dan hanya pernah ikut conference online yang video presentasinya sudah direkam seminggu sebelum acara, seriously.. This is CRAAAZZYYY!! Ini live loh! Dan online.. Dan gak nge-lag sama sekali, cuma sekali pas hari pertama katanya, dia error 40 menit. Dan setelah itu acara tepat waktu, dan kamera selalu ke poin yang tepat untuk ditampilkan. Kapan harus ke Jin, kapan ke Yoongi, kapan ke penonton, kapan ke six pack Jungkook. And it's a huuge place! I was like, WTH.. Acara online yang rawan hack begitu, akan membutuhkan super computers, dan super hackers. Pernah sekali saya coba link ilegal, hanya bisa paling lama 5 menit, setelah itu harus pindah link karena udah kena take down. Bahkan orang yang memvideokan layar, juga ketahuan dan langsung di-take down. Belum lagi urusin penonton sebanyak itu, dengan syarat bermacam-macam, sound, dancers, keamanan panggung, keamanan artis. WOW.. SUPER TEAM..

Sekali lagi, ini hanya untuk promotor yang yakin ratusan ribu tiketnya akan sold out, dan artis yang meyakinkan. Yah, gak mungkin kan promotornya udah usahain macem-macem terus artisnya mabok di tengah konser? 

Saya gak pernah nonton konser KPop sih.. Jadi saya gak bisa membandingkan dengan siapa-siapa. Sebagai orang yang awam konser, once again I have to say, that this one is CRAZY AWESOME!! Salut lah buat tim yang bekerja keras di masa seperti ini. Just when I think that life is over, there are people who keep trying to encourage us to get up, move, keep trying, and do our best.

KEEP UP THE GREAT WORK, GUYS..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

39

Kalau kata film Tusuk Jelangkung, hari lahir dan weton orang itu akan terulang tiap 39 tahun. Jadi misalnya lahir tanggal 9 Maret 1993, Sela...