Selasa, 26 April 2022

WALKING DOWN MEMORY LANE

Iseng aja sih, lagi bosen tulis paper. hahah.. gayanya sejuta.. I have a hobby.. hobi jalan.. jalan-jalan di masa akhir 90an lewat lagu. Yah, sekitar tahun 95 ke atas lah.. Ohemgi.. tahun 95 saya sudah SD kelas 4 kali ya? Itu si Jimin baru lahir, pantes aja Trevor Noah sebut mereka "these kids", ternyata Trevor seangkatan saya. heheh.. 

Anyway, kalau boy/girlband besar macam Backstreet Boys, Boyzone, 5ive, Spice Girls, Westlife, sudah pada familiar kan ya? Jadi mereka gak akan saya sebut lagi di sini. Eh, btw, setelah ketik nama-nama boy/girlband di atas, saya baru nyadar kalau Spice Girls adalah satu-satunya grup cewek yang "besar" di masa itu. Jaman itu banyak muncul boy/girlband yang cuma muncul 2 -3 lagu hits, terus hilang entah kemana. "Lagu hits" di sini konteks saya hanya di Indonesia yaa.. Kalau ternyata di Finlandia sana ternyata boy/girlband ini banyak lagu hits-nya, ya mohon mangap.. 

Kenapa harus boy/girlband siihh?? Kan banyak juga band-band jaman itu? Guys.. Saya tuh dari dulu emang boy/girlband mania.. Hahah.. Kalau kalian lihat penampakan dan tingkah saya dan pikir kalau saya enjoy rock, heavy metal, grunge, well..I'm not! 

So, berikut adalah beberapa boy/girlband di masa itu yang beberapa lagunya mengena di hati dan gak bisa saya lupakan sampai sekarang. Bahkan lagu mereka suka tiba-tiba muncul di kepala saya.

The One - One More Chance (1996)

pic from https://www.discogs.com/release/8180714-The-One-One-More-Chance

Ini adalah satu-satunya lagu mereka yang saya tahu. Bahkan beberapa tahun lalu saya tidak bisa menemukan lagu ini dimana-mana, sampai seorang baik hati mengunggahnya di Youtube. Videonya bisa check di: https://www.youtube.com/watch?v=wUXnv9ASlkE

Solid Harmonie - I want you to want me, I'll be there for you

  

pic from: https://www.discogs.com/master/130475-Solid-HarmoniE-Solid-Harmonie/image/SW1hZ2U6NDE4NjkxOTc=

Mereka muncul di jaman Spice Girls. Haha.. semua juga munculnya di jaman Spice Girls, sama seperti di Indo, musiman. Videonya bisa dicek di: 

https://www.youtube.com/watch?v=KXd69BShtrs&list=RDKXd69BShtrs 

B*Witched

Beda dengan dua di atas, ada sekitar 4 lagu girlband ini yang pernah hits di Indo. C'est La Vie, Jesse Hold On, Rollercoaster dan Blame it on the Weatherman.

Pic from: https://en.wikipedia.org/wiki/B*Witched_(album)
 
Konsep mereka bubbly, ceria, full color, lagunya juga catchy walaupun jaman itu saya belum terlalu paham Inggris. Apalagi mereka ada aksen Irlandia, jadi agak kurang jelas di telinga saya yang waktu itu masih awam Inggris. Salah satu MVnya bisa cek di: https://www.youtube.com/watch?v=UvjLgjtJKsc

Point Break
Di masa itu malah saya gak terlalu suka sama anak-anak ini. Abisnya tengil-tengil banget kenampakannya. Haha.. Tapi malah udah bertahun-tahun lewat baru mulai suka denger lagu-lagunya yang pernah hits di Indo. Ada Freaky Time, You dan Stand Tough. Yang Stand Tough sepertinya gak terlalu hits seingat saya..
pic from: https://en.wikipedia.org/wiki/Freakytime
 

LFO (Lyte Funkie Ones)
 
This is actually one of my favourite, hanya saja di Indo mereka hanya muncul 3 lagu, legend sih lagunya. Waktu itu juga lagi masa berjayanya Jennifer Love Hewitt, yang dijadikan model MVnya, jadi klop lah. What is the genre? Hip hop? R n B? Entahlah. Dua lagunya yang hits di Indo waktu itu Girl on TV dan Summer Girls. Ada juga yang saya suka adalah Every Other Time, tapi sepertinya saat itu jarang diputar di radio-radio. 
 
Pic from: https://www.bbc.com/news/entertainment-arts-46291744

Mereka agak beda juga sih, seperti school jocks who suddenly quit football and became idol. heheh.. Sadly, dua dari mereka sudah meninggal karena kanker. Rich Cronin karena leukemia, meninggal di usia saya sekarang - 36 tahun. Diikuti Devin Lima karena kanker adrenal, meninggal di usia 41 tahun. It was unbelievable, kalau melihat postur mereka dan penyakit yang diderita, but RIP Rich and Devin. 

My Town - Now That I Found You
Mungkin di luar Indo, banyak lagu hits mereka seperti Party All Night. Tapi yang masih tinggal di kepala saya hanya "Now That I Found You". Mereka muncul dengan seorang gitaris yang membuat mereka nampak berbeda dari boyband lain. Tapi setelah itu mereka juga release MV dimana mereka menunjukkan kemampuan dance yang lumayan lah.. hehe.. But to be honest, saya saat itu terpesona dengan tipe suara Danny. Sayang sekali mereka seolah ilang setelah satu lagu ini.

pic from: https://www.discogs.com/artist/612790-Mytown

Tapi bo'ong.. heheh.. Danny dan Mark masih lanjut, without dancing dengan genre musik yang seratus persen beda. Mereka membentuk sebuah band favorit semua generasi - The Script.

Ant and Dec
Kalau ini sih anak sekarang juga masih kenal, cuma udah bukan boy grup lagi. Lagu yang paling melekat di hati cuma Falling. Sebelum Ant and Dec sepertinya nama grupnya PJ & Duncan. Tapi entah kenapa dua orang ini malah jadi presenter plus komedian. Padahal tipe suaranya bening-bening so sweet bangeeettt. Mereka cuma ngilang dari dunia tarik suara sih, tapi masih jadi presenter di acara-acara besar. 
pic from: https://www.independent.co.uk/arts-entertainment/tv/news/adele-rose-ant-and-dec-byker-grove-b1780384.html
 

Nanti lah kalau ingat yang lain, diupdate lagi.. hehe..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

39

Kalau kata film Tusuk Jelangkung, hari lahir dan weton orang itu akan terulang tiap 39 tahun. Jadi misalnya lahir tanggal 9 Maret 1993, Sela...