Rabu, 07 Mei 2014

IT'S MY FIRST TIME, SO LEAVE ME ALONE..

Di film-film biasanya pramugari akan mendekati anak-anak yang baru pertama kali naik pesawat. But me.. 28 tahun, dan baru pertama kali naik pesawat. Sendiri.. HAHA! Mau tidak mau, I have to start a conversation with someone who look experienced..
"Mas, sudah sering naik pesawat ya? Bolehkah hari ini saya ikuti?".. awkward.. =D
So, bagi kalian yang sudah dewasa tapi belum pernah naik pesawat, ini pengalaman saya:
Pertama, masuk pintu scanning sebelum check in atau menukarkan tiket dengan.. mm.. let me call it, "tiket duduk". Di pintu awal ini, petugas akan memeriksa tiket yang sudah kalian print di rumah dan sepertinya dengan kartu identitas. Setelah itu barang dan diri kalian harus melewati scanner. Taruh semua barang di conveyor (sorry, saya nggak tahu apa namanya, di pabrik dulu sih gituan namanya conveyor.. haha!), ingat, kalian nggak perlu ikut naik ke conveyor.. hehe.. Ada pintu ajaib tempat kalian lewat, setelah meletakkan semua benda logam (hp, perhiasan, senjata.. eh.. ) di semacam nampan kecil.  
 Setelah melewati pintu ajaib ini, jangan lupa ambil barang-barang yang tadi dilewatkan conveyor. Lalu bawa semua ke tempat penukaran tiket duduk. Cari nama maskapai yang kalian akan tunggangi, dan lihat tujuan penerbangannya. Kalau bingung, banyak petugas yang dengan senang hati menjelaskan dan memberi petunjuk pada kalian. Di tempat penukaran tiket, jangan nyolot kalau disuruh membayar airport tax yang sangat mahal. Anggap saja biaya duduk di ruang ber-AC sambil nunggu pesawat, toilet dan charge hp gratis. Di tempat penukaran tiket ini juga kalian bisa menaruh barang bawaan yang super banyak di bagasi pesawat - tentu saja ada biaya tambahan kalau beratnya melebihi quota di tiket kita. Quota begasi per orang biasanya 15-20kg.
Cek tiket yang kalian dapat dari petugas, apa benar nama kalian di sana, apa benar kota/negara tujuan kalian tertulis di sana. Cek nomor gate di tiket, dan disanalah kalian menunggu nanti. Tapi ingat, setelah sampai di gate, cek lagi layar di gate, apa benar itu gate tempat penerbangan kalian.
Sebelum masuk ruang tunggu, kalian akan sekali lagi melewati mesin scanner. Setelah itu, duduk manislah di ruang tunggu, buka telinga lebar-lebar, dengarkan setiap pengumuman. Jangan pake headset, ditinggal pesawat baru tahu lo..
Kalau pesawat sudah siap, akan ada panggilan. Dan masuk saja ke dalam pesawat, cari nomer tempat duduk kalian. Beberapa orang bilang kalau di maskapai tertentu, penumpangnya anarkis, suka serobot tempat duduk orang lain. HOAX! Don't worry.. ini bukan bus umum atau kereta antar kota. Setiap orang menghargai hak orang lain.
Some people will freak out in a plane. Nervous melanda sebelum pesawat berangkat. Tiba-tiba saja your life flashes in front of your eyes. Like, this is the end.. this is the end.. Apalagi dengan banyaknya kecelakaan pesawat dan film tentang kecelakaan pesawat.. Saya juga berpikir, "saya juga akan berpikir seperti itu saat pertama kali naik pesawat." Ternyata tidak.
I was too busy taking pictures of my first flight.. hehe..
Kata orang di sebelah, "Mbak, dimarahi pramugarinya lo.."
Saya cuma senyum, "Pramugarinya baik-baik kok.. ".. =)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

39

Kalau kata film Tusuk Jelangkung, hari lahir dan weton orang itu akan terulang tiap 39 tahun. Jadi misalnya lahir tanggal 9 Maret 1993, Sela...