Sabtu, 03 Mei 2014

GENERALISASI

Sebelum berangkat ke kota ini, people keep telling me (mulai orang yang memang berpengalaman keliling Indonesia, sampai yang hanya nonton lewat TV), "Hati-hati, orang 'sana' kasar-kasar..". Dan jujur, itu membuat saya agak keder dan mulai berpikir ulang untuk berangkat. 
But then, "Hey, I spent all my life here in this side of the country. Vocabulary umpatan saya hanya sebatas bahasa Jawa Timuran.. Seandainya orang 'sana' mengumpat dengan bahasa daerah mereka, saya nggak akan ngerti artinya.. COOL!" =)
Ditambah lagi berita-berita kerusuhan mahasiswa yang selalu muncul di TV, membuat orang berpikir kalau 'orang sana' benar-benar mengutamakan otot daripada otak". GENERALISASI..
Pertama saya sampai, disambut sopir taksi yang super ramah, lalu lintas memang kacau, but u know what, "No one's swearing..". Kalo di tempat saya dulu, jalan santai di trotoar, sementara lalu lintas ramai, beberapa motor berusaha mengambil jalan pintas di trotoar sambil teriak, "C*k, minggir!! Njaluk ditabrak ta??!!"
Sering saya melihat kecelakaan di sini, dan pengendara berwajah sangar turun dari mobil atau motor, tapi sama-sama bertindak dewasa dan menyelesaikan masalah dengan damai.. Saya tidak perlu menceritakan bagaimana orang-orang di tempat saya dulu menyikapi kecelakaan. Hampir 6 bulan di sini, saya belum pernah ketemu orang bicara kasar. Mereka hanya bicara dengan suara keras, logat yang berbeda dan jadi terdengar kasar untuk orang-orang dari tempat saya dulu. Dan 'orang sini' bicara apa adanya, to the point, nggak pake basa basi. 
GENERALISASI..
Kemarin seorang teman membawa temannya - orang Jawa yang sudah lama tinggal di Sulawesi. Ternyata orang itu dulunya kuliah 6 tahun di Jember. So, kami bertiga ngobrol di warung sarabba di pinggir jalan. Kadang saya haus bertemu orang Jawa, coz it makes me feel like home. Karena itu saya senang sekali saat pertama bertemu. But then, the next hours was like hell.. Hanya 6 tahun tinggal di Jember, dia sudah mengeneralisasi masyarakat Jember.
"Orang Jember itu nggak akan kemana-mana. Paling jauh ke Surabaya.."
"Orang Jember itu tidak punya adat, mereka bingung antara Jawa dan Madura."
"Orang Jember nggak bisa bicara bahasa Jawa halus. bla bla bla..  "
Menurut saya, dia pernah ditolak cewek Jember..
GENERALISASI itu menyakitkan. 
Tahu Anang Hermansyah? Opick? Winni Charita? Dewi Persik? Mereka ada di mana? Di Jember?
Teman-teman sekolah saya tersebar di seluruh Indonesia harus lapor ke dia?
Mereka sekolah ke US, Jepang, Jerman, punya keluarga di UK, harus saya sensus satu-satu terus lapor ke dia?
Kerja di Bank Singapore, Korea, Thailand, Dubai, harus lapor juga?
GENERALISASI adalah tindakan orang-orang berpikiran pendek. Cupet. Cekak. Picik. dan mungkin, pendendam

JANGAN MEN-GENERALISASI SEBUAH MASYARAKAT KALAU KALIAN BELUM PERNAH BERTEMU MEREKA SATU-SATU


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

39

Kalau kata film Tusuk Jelangkung, hari lahir dan weton orang itu akan terulang tiap 39 tahun. Jadi misalnya lahir tanggal 9 Maret 1993, Sela...