Jumat, 01 Oktober 2010

BUAT ENTRI (menertawakan kuliah sendiri)

ko jadi seneng nge-blog yah? biar aja g da yang baca. saya nge-blog bukan untuk exist, tapi supaya ada dokumen tulisan yang tersimpan di tempat lain. kalo cuma di kompi, kompinya rusak, ilang deh.. dicetak, kbakar, abis deh.. moga aja blog yg g pernah dikunjungi orang ini g di-hack ato g ilang dengan sendirinya.
kali ni nulis apa y? biar agak berguna dikit..hehe..mm..
jadi pingin ketawa, jadi anak kuliahan, kalah ma tukang tempe.. cuma menang teori, prakteknya nol besar!! mungkin kalo kata orang, "Ya, lulus kuliah kan nanti bisa jadi supervisinya, jadi g perlu terjun langsung masak2nya.." hahaha!! Lhah, gimana mo jadi supervisi kalo cara yang bener g ngerti? ingat film urban legend-final cut, ada quote, "Those who cant do, teach" yang artinya.. haha!! jadi g enak ngomongnya..masa g tau c? cari ndiri y? cz ibu juga berharap saya mengambil profesi itu..hahaha!!! LOL
ni, saya punya beberapa teori teknologi roti:
*tahap mixing:
a. pengumpulan (pick up)/ awal pencampuran
b. drying up (mengering): adonan masih lengket dan nempel pada sisi wadah atau pengaduk
c. clean up:adonan sudah tidak nempel di wadah atau pengaduk
d. develop:permukaan adonan mulai terlihat licin/halus (pembuatan roti dihentikan pada tahap ini)
e. final:permukaan licin,halus, kering
f. let down:adonan mulai over mix (kelihatan basah, lengket dan lembek)
g. break down:adonan overmix tidak elastis
peragian adonan: terjadi perubahan secara enzimatis pati oleh amilase menjadi maltose dan oleh maltase menjadi dextrose
sukrosa oleh invertase diubah jadi glukosa dan fruktosa lalu oleh zymase diubah menjadi alkohol, CO2 dan asam-asam organik. gas yang dihasilkan berada pada tingkat akhir dan menghasilkan volume pada roti.
Pemanggangan menyebabkan roti mengembang volume sampai 30%, penguapan air, gelatinisasi pati, denaturasi protein. reaksi karamelisasi, maillard, yeast mati..
what d hell is actually d point of all these??
mana sempat qta menyadari kalo salah adonan??paling2 jadinya bantat atau ancur, lembek. teori memang aneh. ada gitu chef masak pake teori??
kami dulu juga pernah praktek bikin nata de coco, tape, tempe, yoghurt, dll.. Teorinya c keren.. buku praktikum dtulis oleh dosen lulusan luar negeri. Hasilnya?? tape berjamur, tempe benyek g keluar jamur, nata tetep cair, yoghurt rasa busuk. Teorimu dari luar negeri g akan bisa mengalahkan tempe ciliwung,pak! hahaha!!
dah ah, dosa tauk?? terima kasih untuk staf pengajar saya dulu..kalo bukan karena anda2, mau jadi apa saya? walaupun sampe skarang emang belum jadi apa-apa..hehe..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

39

Kalau kata film Tusuk Jelangkung, hari lahir dan weton orang itu akan terulang tiap 39 tahun. Jadi misalnya lahir tanggal 9 Maret 1993, Sela...